Tipe Hybrid Masih Sumbang Penjualan Terbesar Suzuki, XL7 Hybrid Terlaris

Di tengah sedikit lesunya pasar mobil nasional, Suzuki Indonesia masih mampu membukukan pertumbuhan penjualan lini produk unggulannya, dengan peningkatan sebesar 22 persen di bulan Mei 2024.

 

Meski pasar mobil nasional kian bejibun lewat hadirnya mobil-mobil baru, Suzuki terpacu untuk menyesuaikan strategi penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Hal ini diungkapkan oleh Randy R. Murdoko, selaku Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

 

"Tentu kami bangga dengan torehan penjualan bulan Mei 2024 yang kian meningkat. Pasar otomotif kini semakin menarik. Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan kami sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan setia kami,” ujar Randy.

 

2024 06 otre suzuki displayMODEL SUZUKI DI PAMERAN. Peningkatan penjualan didominasi hybrid.

 

Dari model-model yang ditawarkan pabrikan berlogo S tersebut, Suzuki New XL7 Hybrid, All New Ertiga dan Baleno untuk kategori mobil penumpang masih menuai trend penjualan positif. Namun, tipe hybrid mendominasi total penjualan Suzuki, yakni sebesar 35 persen. Tak hanya itu, Suzuki juga masih memiliki lini produk di kategori komersial yang laris manis, dengan kontribusi mencapai 52 persen dari keseluruhan penjualan Suzuki.

 

Lebih rinci, New XL7 memimpin penjualan mobil penumpang dengan peningkatan sebesar 28% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dengan komposisi yang didominasi oleh New XL7 Hybrid sebesar 61%. Selain itu, di kategori 3 row Medium SUV, XL7 mengalami peningkatan market share sebesar 6%.

 

All New Ertiga juga didominasi oleh varian hybrid sebesar 70% dari total penjualan All New Ertiga. Dari catatan penjualan ini, terlihat bahwa kendaraan hybrid telah menunjukkan eksistensinya dengan mendominasi sebesar 43% dari total keseluruhan penjualan kendaraan penumpang Suzuki Indonesia.

 

2024 06 otre new balenoNEW BALENO. Hatchback unggulan Suzuki.

 

Setelah All New Ertiga, kontributor ketiga adalah Baleno dengan peningkatan sebesar 57% jika dibandingkan bulan sebelumnya, serta memimpin market share tertinggi, yaitu sebesar 65% di kategori sedan hatchback Indonesia pada bulan Mei 2024.

 

Kendaraan kategori penumpang lain yang mampu menarik perhatian masyarakat adalah Grand Vitara, yang mengalami peningkatan retail bulanan sebesar 80% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Kedua mobil usungan Suzuki Indonesia yang mengisi rak produk stylish-modern ini semakin menarik minat masyarakat seperti yang aktif di perkotaan.

 

“Melalui catatan penjualan bulan Mei 2024, kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Suzuki yang terus memilih Suzuki sebagai brand otomotif untuk menunjang mobilitas. Kami juga sangat bangga dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional,” tutup Randy.

 

 

editor/foto : @jepunk_ototrend/tim

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER