Evetta, Microcar Listrik Dari ElectricBrands Jerman, Pintunya Di Depan Ala BMW Isetta

ARTEGA KARO. Dirilis dengan nama baru Evetta oleh ElectricBrands Jerman.

Di akhir bulan April lalu, perusahaan start-up ElectricBrands asal Jerman bikin kejutan dengan mengakusisi pabrikan mobil sport Artega dan menjadikannya sebagai produsen retro electric car.

 

Menariknya, ElectricBrands langsung memastikan bakal meluncurkan kendaraan listrik yang merupakan remake dari 'Knutschkugel' tahun 1954 berpintu depan yang di-rebadging menjadi Evetta.

 

BENTUK MICROCAR. Ditopang motor listrik dan battery pack.


Dari desain dan basisnya, Evetta juga tidak jauh beda dengan Karo, namun dengan beberapa restyling. Tentu saja, tidak meninggalkan ciri khas yakni bentuk kompak dan pintu depan, bukan di samping.

Konsep pintu depan ini, mengingatkan dengan mobil tiga roda BMW Isetta yang juga berpintu depan. Namun, Evetta terlihat lebih modern, sama dengan prototipe sejenis yang sudah lebih dulu nongol, termasuk Microlino.

 

BUKA TUTUP PINTU. Dari depan mobil.


Karo diklaim bisa menempuh jarak 200 km dengan top speed 90 km/jam, jadi Evetta juga akan mempunyai kemampuan yang sama.  Sayangnya, ElectricBrands belum merilis spek detail yang resmi dari Evetta ini, meskipun desainnya merupakan bawaan Artega Karo.

 

Jadi, rangkanya memakai dua rangka tubular yang lebih ringan, namun juga lebih hemat daripada memakai konstruksi unibody.

 

KONSEP. Kompak seperti BMW Isetta.


ElectricBrands sendiri sebelumnya sudah mempunyai beberapa line up produk elektrifikasi, seperti Xbus yang berbentuk microbus atau camper dan Nito yang merupakan sepeda listrik.  Perusahaan yang baru berdiri tahun 2020 dan berbasis di kota Schleswig-Holstein Jerman ini memastikan mengekspansi produksi mini-electric car tersebut untuk 2023.



editor/foto ; punk/electricbrands

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER