Test Drive All New Toyota Yaris Cross GR : Tampilan Lebih Keren, Cocok Untuk Berkendara Kota, Gas Enteng Melibas 120 km/jam

Diperkenalkan resmi medio 2023 lalu, All New Toyota Yaris Cross merupakan salah satu produk unggulan Toyota di segmen SUV. Menggunakan platform Daihatsu New Global Architectur (DNGA), Yaris Cross satu ini dikeluarkan dalam dua pilihan mesin, yakni bermesin bakar dan bermesin hybrid.


Ototrend pun berkesempatan melakukan uji coba All New Toyota Yaris Cross GR 2023 dengan varian S selama libur lebaran Idul Fitri 1445 H dengan rute seputaran Jakarta dan sekitarnya.


Secara dimensi, All New Toyota Yaris Cross ini memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm dengan tinggi 1.615 mm serta jarak sumbu roda 2.620. Terbilang kompak untuk sesosok SUV, namun tongkrongannya juga sporty.

 

2024 04 otre test drive yaris cross gr 3


Dari tampilan luar, All New Toyota Yaris Cross ini sangat memukau pada grill depan trapezoidal dengan ukuran yang berbeda antara atas dan bawah. Sedangkan sisi lampu utama ini mengikuti aksen lekuk kap mesin dan bodi samping serta foglamp di sisi bawahnya.

 

Untuk ekterior samping, spakbor lebar dengan over fender bewarna hitam serta roofrail yang terletak di bagian atap. Sebagai penunjang tampilan, All New Toyota Yaris Cross ini dibekali dengan pelek berdiameter 18 inchi dibalut ban hitam dengan profil 215/55-18.


Melirik sedikit ke sisi penerangan khususnya area belakang ini dilengkapi dengan stoplamp LED Rear Combination Lampo dengan betuk lebih lancip agar tetap terkean agresif.

 

2024 04 otre test drive yaris cross gr 5


Memasuki area interior, sentuhan lebih mumukau dengan aksesn interior hitam dihiasi aksen biru di beberapa bagian seperti jok dan dasbor. Geser sedikit ke sisi jok Yaris Cross ini memiliki desain jok semi bucket dengan aksen jahitan biru yang dilengkapi oleh emblem G Sport pada bagian headrestnya. Area interior khususnya pada sisi dasbor serta instrument pada sisi tengah banyak menggunakan material soft touch.

 

2024 04 otre test drive yaris cross gr 7


Head unit All New Toyota Yaris Cross ini dibekali dengan layar headunit berukuran 10 inci yang sangat mudah terkoneksi dengan Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auro, serta MID yang secara keseluruhan sudah full digital. Untuk lingkaran setirnya sudah dilengkapi dengan tuas paddle shift, cruise control dan audio steering switch.

 

Agar mempermudah dalam berkendara, steer ini pun dapat diubah sesuai keinginan seperti rendah dan tingginya steer serta maju atau mundurnya lingkar steer. Semua itu tergantung kenyamanan si driver untuk mengemudi. Sedangkan untuk jok pengemudi sudah menggunakan elektrik, namun untuk jok penumpang masih mempertahankan versi lama alias manual.

 

2024 04 otre test drive yaris cross gr 6


All New Toyota Yaris Cross GR 2023 ini dari sisi berkendara tetap nyaman serta dibekali dengan tiga mode berkendara dianataranya Normal, Eco, dan Power. Sehingga pengemudi bisa memilih performa yang efesiensi bahan bakar atau berkeinginan dengan performa yang maksimal.


Tenaga mesin yang dimiliki Yaris Cross S kali ini untuk tenaga mesin dibekali dengan mesin 2NR-VE 1,496cc dengan 4 silinder DOHC Dual VVT-I dengan power 104.6 HP di 6.000 rpm sert Torsi 138 NM pada 4.200 rpm. Dengan itu, All New Toyota Yaris Cross ini mampu melesat kecepatan hingga 160 km/jam.

 

2024 04 otre test drive yaris cross gr 4


"Saat mengetes mobil ini, tenaga yang dihasilkan oleh All New Toyota Yaris Cross GR 2023 memakai mode power melewati tol JORR 2 Depok menuju Cengkareng Soekarno – Hatta dapat menyentuh kecepatan hingga 160 km/jam. Saat membejek gas tersebut tenaganya cukup responsive dan kendaraan tetap sangat nyaman dikendarai," ucap Doni Darwin, redcrew Otre yang berkesempatan menjajal All New Yaris Cross GR ini.


Berbicara soal bahan bakar, perjalanan yang notabene di dalam perkotaan khususnya di wilayah Jakarta dan sekitaranya serta cara berkendara yang benar serta pengaturan gasnya, All New Toyota Yaris Cross ini terbilang cukup irit. Konsumsi BMM rata-rata bisa mencatatkan 24,4 km/jam.

 

2024 04 otre test drive yaris cross gr 2


Namun angka tersebut tentu tidak bisa menjadi patokan mengingat banyaknya kondisi jalan, jark tempu serta gaya berkendara di setiap pengemudi, serta beberapa faktor lainnya.


Dari sisi keselamatannya, All New Toyota Yaris Cross ini sudah dilengkapi dengan 6 airbags, serta Toyota Safety Sense (TSS). Fitur TSS ini meliputi Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Keeping Control, Automatic High Beam, Pedal Misoperation. Selain itu ada Panoramic View Monitor, Blind Spot Monitoring, Rear Cross-Traffic Alert, Hill Start Assist dan yang terakhir Vehicle Stability Control.

 

2024 04 otre test drive yaris cross gr 8


“Berkendara dengan All New Toyota Yaris Cross GR 2023 dengan tipe S untuk berkendara memang sangat nyaman, yang dimana dari sisi posisi berkendara yang tenang dan aman, memiliki akselerasi yang hebat yang di bekali mesin bertanag 1.500cc serta dilengkapi dengan fitur-fitur canggihnya," tambahnya.


Sebagai info, All New Toyota Yaris Cross GR 2023 dijual dengan dari harga Rp 351 jutaan dengan tipe G M/T . Untuk tipe tertinggi yang dibekali dengan teknologi hybrid ini di harga Rp 449.950.000 pada All New Yaris Cross tipe 1.5 S HV CVT GR Parts Aero Package.

 

 

 

Naskah / Foto : Masdon Ototrend

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER