Jajal Ketangguhan New Toyota Fortuner di Jalur Off Road, Pilihan Mode H4 dan L4 Bantu Libas Lintasan Ekstrim

Difasilitasi oleh Toyota Astra Motor (TAM), Ototrend berkesempatan menjajal sensasi berkendara New Toyota Fortuner yang baru saja diluncurkan, dengan mengambil lokasi test drive di lintasan off road di seputaran Pagedangan, BSD – Tangerang Selatan.


Unit yang digunakan dalam test drive ini adalah varian 2.8 GT Sport 4x4 yang memiliki ubahan dari sisi suspensi. Saat melakukan pengetesan pada Toyota fortuner 4x4 ini, pengemudi bisa dengan mudah memilih mode berkendara seperti H2 yang diperuntukan untuk jalan raya, sedangkan H4 dan L4 ini diperuntukan untuk jalur ekstrim.


Pengemudi bisa memidahkan mode H2 ke H4 dengan posisi berjalan secara perlahan, sedangkan untuk H4 ke L4 harus dilakukan dengan kondisi kendaraan berhenti.

 

2024 09 ototrend fortuner test 2


Di fitur Diferential lock, posisi tombol berada di area konsol tengah. Berlangsungnya fitur ini mobil akan mengatur traksi keempat roda sehingga bisa keluar jika terjebak dari kubangan, menanjak serta kondisi jalan yang bergelombang berbatu hingga tanah ektrim.


New Fortune ini dilengkapi dengan advanced safety technology Toyota Safety Sennse (TSS). Active Safety features yang dipasang adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) serta Rear Cross Traffic Alert (RCTA).


Brbicara performa yang dimiliki oleh Toyota Fortuner, varian 2.8 ini masih dibekali dengan penggerak pendahulunya yaitu mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755cc VNT Intercooler menghasilkan tenaga203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm.

 

2024 09 ototrend fortuner test 3

 

Sedangkan pada varian 2.8 dengak kode 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-I ini mengasilkan tenaga 163 PS pada 3.400 rpm yang memiliki torsi 24,7 Kgm pada 4.000 rpm selain itu untuk transmisinya ini sama dengan milik 1GD dan 2GD yang ditandai dengan Rasio Transmisi Otomatis 6-Speed Sport Sequential Switchmatic.


Tidak hanya pada performa yang dimiliki Fortuner, geser sedikit pada tampilan eksterior pada 4x4 emiliki medium grade New Fortuner 2.8 VRZ 4x4 tanpa bodykit GR dan fitur TSS ini tetap memberikan kesan gagah pada New Grille dan New Front Bumper diperkuat New Two Tone Alloy Wheel serta New Rear Bumper.


Toyota Fortune baru ini membuktikan ketangguhan yang dimiliki serta membuktikan kendaraan Toyta Fortune layak di sebut sebuah SUV yang sangat cocok di jalur off-road ekstrim.

 

 

 

Naskah / Foto : Masdon

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER