Empat Trik Cegah Tangki Motor Berkarat dan Hindari Kebocoran

Menjadi salah satu part terpenting di sepeda motor, tangki bensin memang wajib dirawat juga. Meskipun bukan termasuk komponen fast-moving, namun dengan perawatan berkala ikut menunjang kinerja motor secara keseluruhan, terutama di sisi dapur pacu.

 

Jika dilihat penempatan tangki, jenis sport, bebek hingga matic di tiap model dan varian juga berbeda-beda posisinya. Di jenis sport, kebanyakan berada di bagian atas rangka sekaligus menjadi bagian dari part eksterior.

Sedangkan untuk jenis bebek atau matic, posisi tangki bensin biasanya diletakkan di dalam rangka atau underseat, sisi bawah rangka hingga bagian depan kendaraan. Pastinya, sebagai tempat penyimpanan bahan bakar yang digunakan dalam perjalanan, kondisi tangki pun harus diperhatikan.

 

Kebiasaan kebanyakan pemilik motor, hanya fokus pada bagian bodi dan mesin saja dan kurang memperhatikan kondisi tangki. Akibatnya kondisi tangki motor terkadang memprihatinkan seperti karatan, korosi bahkan bocor.

Biasanya karena tangki jarang diisi bensin dengan full, akan membuat ada ruang kosong dalam tangki yang bisa bikin berembun dan inilah yang bisa menimbulkan karat dan korosi.

 

Lantaran factor ini, bisa mengakibatkan performa mesin terganggu terlebih jika ada kotoran pula yang masuk ke ruang bakar. Akibatnya motor akan terasa tersendat-sendat dan tidak bisa diajak lari. Lebih parah dari itu tangki motor bisa terancam bocor.

 

 

Berikut tips menghindari tangki motor aman dari kebocoran :

 

1.Biasakan Isi BBM Full

Jangan terlalu sering membiarkan tangki keadaan kosong atau hanya ada sisa sedikit bahan bakar di dalamnya.

Karena dengan membiarkan sisa ruang kosong di dalam tangki dan sisa BBM sedikit itulah yang akan menimbulkan embun, lalu embun berubah jadi air yang dapat menimbulkan karat dan korosi pada tangki motor

 

2. Kuras secara rutin

Cara ini terbilang mudah apalagi untuk motor tipe sport karena posisi tangki berada di luar dan mudah dilepas. Menguras tangki secara rutin dapat mencegah menumpuknya kotoran yang membuat korosi dan mesin tersendat

 

3. Jangan semprotkan air terlalu kencang

Terutama jangan lakukan ini ke arah tutup tangki ketika mencuci motor. Meskipun tangka terbilang rapat dan terkunci, namun hal ini bisa jadi penyebab resapan air yang menimbulkan embun ke dalam tangki

 

4. Jangan Beli Bensin Eceran

Mulailah meminimalisir membeli bahan bahan bakar di penjual eceran. Karena penjual bensin eceran biasanya membeli menggunakan motor bertangki besar dan jerigen. Kita tidak tau bagaimana kondisi tangki dari penjual tersebut dan apakah tercampur air atau tidak saat pemindahan bahan bakar tersebut.

 

 

editor/foto : punk

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER