Ducati XDiavel S 2016 – MFix Workshop Vietnam : Duca-Rod DraXter Reborn.

DRAXTER NAM STYLE. Transformasi Italian Cruiser Jadi Muscle Street Style.

Pada 2016 silam, tepat di ajang Verona Motor Bike Expo Italia, pecinta Ducati dikejutkan dengan kehadiran sebuah prototype motor konsep andalan Ducati bertittle DraXter. Berkolaborasi bareng AMG Jerman, basis Ducati XDiavel dicustom gahar berkat leburan inspirasi drag style, motor sport, dan muscle car.

 

 

 

D2

DUCATI DRAXTER. Prototype Ducati Di Ajang Verona Motor Bike Expo Italia 2016.

 

Meskipun tidak pernah dipasarkan, DraXter sukses menginspirasi segenap Ducatista seluruh dunia, salah satunya adalah MFix Worshop, sebuah gerai custom papan atas Vietnam yang oleh salah satu kustomernya didaulat untuk mengcustom sebuah Ducati XDiavel S model 2016 bersoul DraXter.

 

D3

DUCATI XDIAVEL S. Versi Orisinil 2016, Murni Berkonsep Cruiser.

 

Dalam format OEM stylenya, Ducati XDiavel S disemati jantung superbike atas bodi gaya penjelajahnya. Mengkombinasikan foot rest maju, jok melengkung, dan dapur pacu konfigurasi L-twin berkapasitas ruang bakar 1262cc berkekuatan 156 hp, mampu menghasilkan pengalaman berkendara yang riuh dan kencang.

 

D4

 

Mentransfromasikannya ke dalam konsep sporty, butuh beragam gubahan radikal terutama di sektor ketinggian dan ergonomi. Mengawalinya MFix merekonstruksi dimensi tinggi anjungan ekor dengan menggusur suspensi belakang OEM dengan pancangan monosok Öhlins jarahan Kawasaki ZX-10R berpelengkap preload yang ditugasi meredam getaran selingkar velg custom alumunium CNC billetnya. Selanjutnya, mereka merancang bangun swing arm berteknik CNC lengkap dengan poros gandar berbahan titanium khusus, untuk mengakomodir guncangan sektor belakang yang kini lebih panjang.

 

D5

 

Dengan konstruksi ekor yang meninggi, MFix kini berkonsentrasi untuk menggubah posisi foot rest. Tergolong ekstrim karena MFix memindah jauh ke belakang posisi foot rest hingga memeluk dinding roda belakang. Total dirancang bangun berbahan alumunium ber-CNC billet dari lengan braket hingga set foot rest ala underbonenya.

 

Lanjutkan eksekusi, anjungan muka dibidik dengan menyampahkan set setang berikut riser dan top clampnya yang lantas dioper posisi set setang custom low slung clip on tepat di bawah sebilah top clamp kekar hasil custom CNC billet. Karena Ducati disemati piranti kelistrikan super canggih, yang tidak memungkinkan untuk dimodifikasi, maka MFix cukup memindahkan posisi set sabor digital meternya lebih dekat dengan rider bareng tatakan braket 3 dimensi custom.

 

D6

 

Kelar merekonstruksi basic utama, MFix mulai merevisi detail sector XDiavel S, diantaranya penyematan set tuas kopling dan rem ISR berikut kaliper Brembo anyar. Juga diinstal unit air ducts pendingin braking system berbahan serat karbon produk Fullsix, sementara itu frame kopling kering khas Ducatinya dikover frame CNC Racing.

 

D9

 

Menyempurnakan level kedetailan, part-part kecil seperti mur pengunci roda belakang, mur sproket, dan beberapa mur lainnya diganti mur custom CNC machined. MFix juga menabur banyak sekali piranti berbahan dasar titanium termasuk set knalpot full system yang didesain unik serba meliuk ekstrim hingga membentuk penampang X tepat di kolong depan roda belakang.

 

D8

 

Menyimak desain body work, serat karbon nampak menyelimuti total lapis permukaan body universalnya, dari spatbor depan, rear hugger, kover radiator, belly pan, dan passenger seat eliminator yang keseluruhannya dibalut painting monochromatic. Terinstal pula unit pelindung radiator dan oil cooler comotan produk Evotech.

 

D10

 

Tak cukup puas, MFix merasakan kejanggalan pada penampakan kaku kover silinder L-twinnya. Terbersit untuk menyulapnya lebih kekar dengan inspirasi tampilan muscle mesin Harley Davidson V-Rod. Sontak MFix mulai mendesain kover silinder menggunakan Photoshop guna mereplika kover mesin Harley-Davidson V-Rod untuk disematkan di set silinder L-twin Ducati. Butuh waktu 4 bulan untuk membuat prototipe dan mengerjakan satu set penutup mesin ala Duca-Rod ini. Sentuhan akhir sosok DraXter reborn ini dikonsentrasikan pada penyematan lampu depan rujukan V-Rod produk HogLights.

 

D11

 

Teks : Tito Monster 5%, Foto : Tony Pham 'MFix Workshop'.

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER