Sudah Jajal Yamaha M1 MotoGP, Toprak Razgatlioglu Masih Penasaran Ingin Geber Lagi

JAJAL YAMAHA YZR-M1 DI ARAGON. Bersama test rider Cal Crutchlow.

Sirkuit Motorland Aragon di Spanyol menjadi saksi debut perdana Toprak Razgatlioglue mengendarai kuda besi MotoGP. Joki andalan Pata Yamaha Brixx World SBK ini menguji kemampuannya di atas motor Yamaha YZR-M1 MotoGP untuk kali pertama.



Meski termasuk uji coba terbatas hanya sehari, pembalap asal Turki ini rupanya mampu melahap sekitar 40 putaran sebelum tengah hari. Sebelumnya, Toprak sempat melakukan shakedown selama 12 putaran, yang dilanjutkan dengan penggantian ban. Namun, catatan waktu di one-day test ini tidak dipublikasikan, termasuk fastest lap-nya.

Tim Yamaha sendiri juga bisa memanfaatkan uji coba perdana Toprak ini untuk mengumpulkan data tambahan, apalagi tim test Yamaha juga menurunkan test rider Cal Cruthlow sebagai referensi setelan motor. Sayangnya, uji coba keduanya terpaksa diakhiri lebih dini karena hujan deras di siang harinya.

Meski begitu, Toprak Razgatlioglu mengaku sangat terkesan dengan test perdananya di atas motor Yamaha MotoGP. "Ini hari pertamaku mengendarai Yamaha M1 dan sangat berbeda dari R1. Lebih bertenaga, elektroniknya beda, sudah seamless gearbox, dan semuanya hal baru bagiku," ujar peraih juara dunia WSBK tahun lalu tersebut.

 

TOPRAK RAZGATLIOGLU. Joki andalan Pata Yamaha Brixx World SBK.


"Tiap putaran saya bisa belajar lebih banyak, karena habis naik Superbike agak sulit beradaptasi dengan motor MotoGP. Untungnya, Cal Crutchlow juga banyak ngasih saran dan itu banyak membantu. Motornya enak dan kencang, terutama di trek lurus, dan pengereman karbonnya juga menarik," tambahnya.

"Overall, ini uji coba yang positif meskipun terkendala hujan, yang memaksa saya tidak banyak melakukan putaran lagi. Yang pasti, saya bisa enjoy mengendarai motor MotoGP, terima kasih kepada Yamaha dan mungkin bisa melakukannya lagi jika ada kesempatan seperti ini," ucap Toprak.

Selama ini, Toprak Razgatlioglu santer bakal hijrah ke kompetisi MotoGP bersama Yamaha, dan acapkali diisukan segera dipinang tim pabrikan Yamaha. Namun, Yamaha kemungkinan hanya akan menurunkan satu tim saja mulai musim depan, yang mana duet pembalapnya tidak akan berubah, yakni Fabio Quantararo dan Franco Morbidelli.



editor/foto : punk/wsbk

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER