Mercedes-Benz eActros 600 Dianugerahi “International Truck of the Year 2025” Dalam IAA Transportation 2024

⦁ Mercedes-Benz Trucks untuk kesepuluh kalinya meraih penghargaan terpenting pada industri kendaraan: jurnalis kendaraan niaga dari 24 negara Eropa memilih Mercedes-Benz eActros 600 bertenaga baterai sebagai “International Truck of the Year 2025”.
⦁ Seri unggulan baru truk listrik Mercedes-Benz eActros 600 memiliki desain aerodinamika yang canggih, disertai dengan kinerja powertrain yang maksimal, serta mampu menjangkau jarak 500 kilometer tanpa memerlukan pengisian daya.

 

 

OTOTREND.COM - Jurnalis industri kendaraan niaga dari 24 negara Eropa telah memilih Mercedes-Benz eActros 600 bertenaga baterai untuk menerima penghargaan “International Truck of the Year 2025”, yang merupakan penghargaan terpenting pada industri kendaraan niaga.

 

Para juri mengapresiasi konsep teknologi inovatif secara keseluruhan dari truk heavy-duty jarak jauh ini, yaitu truk dengan teknologi penggerak modern, memiliki efisiensi energi tinggi, dan mampu menempuh jarak 500 kilometer tanpa pengisian daya perantara.

 

Hal ini mereka buktikan pada program “eActros 600 European Testing Tour 2024”, yaitu program perjalanan pengembangan dan pengujian elektrik sepanjang lebih dari 15.000 kilometer melewati total 22 negara, dengan membawa massa kombinasi kotor 40 ton.

 

Pada berbagai tahapan harian perjalanan, secara teoritis truk Mercedes-Benz eActros 600 memungkinkan capaian jarak tempuh lebih dari 600 kilometer tanpa pengisian daya perantara. Di sepanjang rute, kedua truk jarak jauh ini juga mencoba pengisian daya secara eksklusif di titik pengisian daya umum, untuk membuktikan kesinambungannya dengan kesiapan ekosistem.

 

Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks, menerima penghargaan tersebut pada acara IAA Transportation 2024 di Hanover dari Gianenrico Griffini, Ketua Juri International Truck of the Year (ITotY).

 

“Sejak awal, Mercedes-Benz Trucks merancang eActros 600 sebagai truk listrik. Hasilnya adalah kendaraan baterai-listrik canggih dan mahir dalam berbagai aplikasi jarak jauh,” ungkap Gianenrico Griffini, menyimpulkan keputusan juri.

 

Der wichtigste Branchenpreis geht zum zehnten Mal an Mercedes-Benz Trucks: Nutzfahrzeug-Fachjournalisten aus 24 europäischen Ländern küren batterieelektrischen Mercedes-Benz eActros 600 zum "International Truck of the Year 2025".The most important prize in the industry goes to Mercedes-Benz Trucks for the tenth time: commercial vehicle trade journalists from 24 European countries voted the battery-electric Mercedes-Benz eActros 600 as “International Truck of the Year 2025”.Mercedes-Benz eActros 600 raih penghargaan “International Truck of the Year 2025”

 

“Kami bangga dan bahagia karena juri memilih eActros 600 kami sebagai ‘International Truck of the Year 2025’. Hampir semua anggota dewan juri telah menghabiskan waktu di belakang kemudi, menguji eActros 600 di jalan-jalan di seluruh Eropa - sehingga mereka memiliki kesempatan untuk merasakan sendiri kemampuan truk ini. Hari ini adalah hari yang membanggakan bagi semua tim yang telah bekerja keras dalam beberapa tahun terakhir, untuk membuat truk ini menjadi pemimpin di pasar,” kata Karin Rådström.

 

Menurut peraturan juri, gelar ini diberikan setiap tahun kepada truk yang telah memberikan kontribusi terbesar pada inovasi transportasi jalan raya dalam hal efisiensi, emisi, keselamatan, dinamika kendaraan, dan kenyamanan.

 

Sejak diperkenalkannya penghargaan International Truck of the Year pada tahun 1977, Mercedes-Benz Trucks kini telah memenangkan gelar tersebut sebanyak sepuluh kali. Tahun ini, Mercedes-Benz Trucks juga membuat para juri terkesan untuk pertama kalinya dengan kendaraan baterai-listrik.

 

Banyak jurnalis ITotY yang ikut serta dalam program “eActros 600 European Testing Tour 2024” oleh Mercedes-Benz Trucks memuji aerodinamika canggih dari kabin pengemudi ProCabin yang baru.

 

Aerodinamika yang lebih baik sangat penting untuk pengangkutan jarak jauh truk baterai-listrik, karena hambatan udara adalah salah satu faktor utama yang memengaruhi konsumsi energi. Selain itu, lebih banyak energi yang dapat juga dipulihkan karena berkurangnya hambatan udara, yang akhirnya mempengaruhi jarak tempuh yang lebih jauh.

 

Performa powertrain yang maksimal, akselerasi yang mulus, dan area kemudi yang bebas getaran dengan berbagai fitur baru juga dinilai positif oleh para jurnalis ITotY. Mercedes-Benz Trucks telah mengembangkan gandar elektrik baru, yang dirancang untuk 800 volt dengan dua motor listrik dan transmisi empat kecepatan, khusus untuk digunakan dalam pengangkutan jarak jauh.

 

Motor listrik menghasilkan luaran energi secara berkelanjutan sebesar 400 kW, serta capaian puncak 600 kW. Selain itu, eActros 600 dilengkapi dengan fitur kontrol Predictive Powertrain Control (PPC) dan sistem kontrol transmisi, yang secara eksplisit disesuaikan dengan penggerak listrik. Predictive Powertrain Control secara otomatis memperhitungkan topografi, tata letak jalan, dan rambu-rambu lalu lintas untuk mendapatkan gaya mengemudi yang paling efisien.

 

 

editor/foto : punk/dcvi

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER