2022 Volkswagen ID.Buzz. The Kombi Return!

ID.BUZZ. Volkswagen Kombi masa depan.

Volkswagen bus atau juga dikenal dengan VW Kombi memang mempunyai desain yang tahan lama, dengan jutaan unit yang berhasil diproduksi dan menjadi salah satu model legendaris dari pabrikan Volkswagen.

 

BUKA TUTUP PINTU. Ala Kombi Brazil.


Namun, di era kendaraan elektrik yang kian booming saat ini, Volkswagen pun nggak mau kalah, dengan mengeluarkan mobil konsep VW Kombi masa depan siap produksi, yakni VW ID.Buzz. Mobil listrik ini sudah dirilis di Eropa, yang desainnya terinspirasi dari bentuk VW type-2 keluaran 1950an.

Sekilas, desain VW ID.Buzz memang sangat futuristik, tetapi tidak menghilangkan ciri khas VW Kombi, terutama dari bentuk keseluruhan, garis bodi dan lekukan ala huruf V di sisi depan berikut lampu-lampunya.

 

TAMPILAN. Lebih modern tanpa meninggalkan ciri khas desain VW Kombi.


Tak ketinggalan, logo VW cukup besar, kaca depan hingga samping menyatu serta aksen kisi-kisi di pillar belakang. Sedikit beda, pintunya menjadi 5 buah, dua pintu depan, dua pintu samping dan satu belakang. Selain itu, operasional buka tutupnya ala Kombi Brazil, bukan model sliding seperti Kombi produksi Jerman.

Menariknya, VW ID-Buzz ini juga masih menggunakan desain lantai yang rata ala skateboard, dan motor listriknya diletakkan di bagian belakang. Yang pasti, desain masa depan sudah terlihat dari lampu-lampu matrix LED, baik lampu depan maupun belakang.

 

SUPER LAPANG. Dengan floordeck rata.


Secara dimensi, VW ID.Buzz mempunyai panjang 4712mm, lebar 1985mm dan tinggi antara 1937-1938mm, dengan sumbu roda 2988mm. Jadi, dimensinya nggak jauh lebih panjang dari VW Transporter T.6.1 Van tipe sumbu pendek, hanya beda 192mm. Ini berkat overhang belakang yang memang pendek. Namun, tetap sesuai seperti fungsi khas VW Kombi yang juga cocok sebagai cargo-van.

 

TERLIHAT KEREN. Dengan opsi warna yang beragam, yakni tujuh single tone dan empat two-tone.


Di dalam kabin, konsepnya mudah dikenali oleh para pemilik VW karena memang tidak jauh beda, meskipun sudah bernuansa masa depan. Display utamanya sudah pakai instrumen digital, namun size-nya sama seperti VW kombi, yakni 5,3 inchi. 

 

Model setirnya palang tiga, serta dilengkapi layar sentuh dua pilihan, yakni 10 inchi dan 12 inchi. Dan sudah terhubung wireless dengan Apple CarPlay atau Android Auto.

 

DASHBOARD. Dengan setir palang tiga dan display instrumen digital.


Nah, dapur pacu VW ID.Buzz ini terbilang mumpuni, menggunakan electric motor 150kW/310Nm yang dipasang ke roda belakang, dilengkapi baterai pack 77kWh. Kombinas ini menghasilkan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 8-9 detik, dan top speednya 145 km/jam.

 

Namun, VW belum mengeluarkan berapa jarak tempuh sekali charge-nya. Yang jelas, baterainya bisa dicharge menggunakan 170kW DC fast charger sekitar 30 menit hingga baterai terisi 80%.

 

INTERIOR. Dibalut aksen yang lebih cerah dan modern.


VW ID.Buzz ini juga akan dikeluarkan dalam dua model pelek, yakni tipe standar berbahan steel, dan tipe alloy dengan opsi ukuran hingga 21 inchi. Sementara, pilihan warnanya ada tujuh kelir single-tone dan empat kelir two-tone.


naskah/foto : punk/vw

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER