MENGATASI PEDAL REM GAK BISA BALIK

MENGATASI PEDAL REM GAK BISA BALIKPALING menjengkelkan, problem pedal rem belakang tak bisa balik. Biasa terjadi pada pedal rem sebagai pelengkap mekanis rem tromol alias drum brake. Sejatinya, pedal rem di - lengkapi dengan return spring pada porosnya. So, kalau terjadi problem demikian apa kira-kira penyebabnya ?


{jathumbnail off}
Langkah awal, kendorkan hingga lepas mur pada stik penarik paha rem. Setelah bebas dari pah rem, coba lakukan pengetesan menekan pedal rem. Dijamin, kalau gerakan pedal rem pasti lancar. "Mengingat, gaya tekanan balik return spring cukup besar, untuk melayani keperluan itu," buka Nanang tuner Serdadu Sumber Sawit di kawasan Sukomoro, Nganjuk.

Nah, giliran tes dan gerakan paha rem. Problem muncul biasa dari sini, kadang setelah didorong paha rem tak mau balik. "Ini yang kemudian menahan pergerakan stik berikut pedal remnya tak mau balik," urai Nanang.

Memang sih banyak faktor, bisa lantaran pin tumpuan paha rem pada bushingnya kotor, hingga menyebabkan paha rem tak bisa lancar. Jadi, silahkan poles tipis-tipis lubang dudukannya dengan rempelas waterproof hingga bersih dan licin. Makin ke dalam, faktor lainnya juga bisa dipicu pin pengungkit yang satu poros dengan tumpuan paha rem tadi mulai gugus atau cacat.

Penyebab lain, dua pegas spiral penarik kampas rem sisi dalam mulai lembek. Sehingga, setelah kampas rem aktif atau mengembang, kedua pegas tadi tak sanggup menariknya. Kalau sudah tahu rumitnya komponen rem tromol tadi, sebaiknya lakukan penggantian dengan option part baru.

"Seminim mungkin hindari main akal, macam main ganjal atau apalah," ingat Nanang yang bebek 2 tak road race korekannya makin kencang. l pid