Perhatikan Saringan Udara Motor Agar Kinerja Mesin Tetap Maksimal.

Menjadi skema bahwa kinerja mesin membutuhkan udara yang bersih sebelum bercampur bahan bakar keruang bakar. Oleh karena itu saringan udara mutlak diperlukan agar kebersihan udara yang masuk keruang bakar tetap terjaga.

 

Seiring penggunaan, udara yang terfilter disaringan udara sedikit demi sedikit meninggalkan kotoran. Jika dibiarkan dipastikan akan mengganggu debit udara yang dibutuhkan sehingga pembakaran kurang maksimal.

 

IMG 20240404 142533

 

“Semakin banyak endapan atau kotoran yang ada pada saringan udara ini tentu akan mengganggu proses pembakaran. Nantinya pasti berpengaruh pada BBM kendaraan yang lebih boros, tarikan pada motor juga terasa lebih berat, bahkan pembakaran yang terjadi jadi tidak sempurna. Maka dari itu saringan udara harus rutin diganti agar menghindari hal buruk tersebut,” Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

 

Filter udara khususnya motor injeksi dirancang efektif untuk penggunaan sekali pakai. Sehingga, filter udara yang sudah kotor dan pernah digunakan, tidak dapat dibersihkan untuk digunakan kembali. Endapan debu atau kotoran yang tersaring nantinya akan melekat pada seluruh pori pori sehingga tidak bisa dilalui udara atau mampet. 

 

IMG 20240404 142359

 

Idealnya, setiap 12.000 km saringan udara harus diganti. Untuk skutik Yamaha rata-rata terletak dibox filter udara di atas CVT. “ demi kenyamanan kendaraan disarankan melakukan perawatan motor Yamaha ke bengkel resmi Yamaha agar ditangani oleh ahlinya,” tutup Ilham Wahyudi.

Nanda.

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER