HONDA BEAT, PONOROGO : JAWARA MATIC WANITA 115 CC JATIM

INI HEBATNYA tuner Jatim, regulasinya identik dibawah limit. Macam kelas matic wanita 115 cc, yang belakangan ini makin ramai menumbuh kembangkan potensi rider wanita di Jatim untuk berlaga. Sampai saat ini, regulasi karbunya wajib standar padahal di provinsi sebelah sudah 24 mm. Cuman, knalpot sama aplikasi bebas termasuk CDI bebas.


Justru regulasi kelas matic wanita 115 cc di Jatim, lebih menghidupkan minat balap. Sebab, bajet untuk membangunnya minim, sebab lebih 11-12 dengan regulasi standar show room, pastinya lebih obyektif. Dari sini pula, tuner Jatim makin piawai.

"Istilahnya setara dengan memaksimalkan option part standar Original Equipment Manufactured, "sebut Inan tuner asal Bangkalan yang membela Malva Tanisha Racing Team, Ponorogo. Kali ini Inan diback up sepenuhnya oleh Andrian Arumugan pembalap kawak Jatim sebagai owner tim, yang memandang Jatim juga perlu untuk membesarkan kelas matic wanita 115 cc.



"Agar, setara dan balans dengan karapan 201 meter yang juga dijubeli rider wanita, "kata Andrian yang menggandeng rider srikandi Upi from Jabar. Dari sini pula, up grade performa mesin berlangsung jeli. Perangkat daleman CVT dan rangkaiannya justru menjadi konsentrasi Inan. Sebab, peluang up grade lebih banyak disini, menurutnya.

Macam penggantian drive-driven gear dari standarnya (12- 45) dijadikan (13-43). Beratnya perbandingan drive-driven gear, power mesin tak terkuras dan lebih smooth dikonversi speed.

Cuman, konsekuensinya diameter perbandingan drive belt pada primary dan secondary sheave ditahan lebih lama di perbandingan berat. Hasil up grade pegas movable driven face bertipkal kenyal keras dan pemakaian roller 11,5 gram. Ditunjang kampas sentrifugal racing dan pegas berspesifikasi 2000 RPM.

"Itu artinya bawaan start mesti dumpan di 4000 RPM. Dengan demikian, tipikal bawaan motor lebih fleksibel, bisa diajak agresif dan jinak saat beradu di fast corner saat rider improve mendapatkan feel racing line-nya, "urai Inan.

Acuhan rombakan daleman CVT tadi, makin meringankan beban power mesin 115 cc. Sehingga kompresi cukup di 13,2 : 1, lift cam 8,5 mm, katup 25 mm (in) dan 23 mm (ex), karbu standar dan CDI aftermarket. l pid

SPESIFIKASI
KNALPOT : CLD KATUP : 25 mm & 23 mm ROLLER : 11,5 gram DRIVE-DRIVEN GEAR : 13-43 SOK BELAKANG : YSS WORKSHOP : Inan Racing Speed, Perum Queen Residence C-2, Bangkalan (0822 33 35 7412)

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER