KAWASAKI NINJA 14 & '16 - NABIRE : Pesona Modif Ninja Dari Timur Indonesia

Meskipun di ranah Papua jarang digeber ajang otokontes, namun insan penggila modif di sana bejibun, termasuk Yusuf Cantika aka si Anak Gunung asal Nabire Papua. Kali ini, sambil mengibarkan bendera Cantika Ninja Modifikasi, Yusuf Cantika yang menggeber duo Ninja yang sudah dimodifikasi super keren.

 

 

Sama-sama bergenre racing style, namun dua-duanya punya tematik yang berbeda. "Kita selalu berkarya tanpa batas, salam modif dari Indonesia Timur kota Nabire Papua," bilangnya.




NINJA 2014 - TRANSPARENT

 



Ninja R satu ini termasuk andalan Yusuf Cantika. Salah satu yang eye catching dan paling menarik dari Ninja ini, body custom full transparan, sehingga detailinya benar-benar kelilhatan. "Kita bikin full custom dari mall, bahan pakai aklirik," tuturnya.

 

Pengerjaan pun dibuat sepresisi mungkin, dengan pengemalan yang sama persis dengan spek body standar, baik bentuk keseluruhan, model hingga tekukan. Body transparan dari bahan aklirik ini pun diaplikasi di semua bodypart, baik kedok depan, fairing, shroud hingga buritan, bahkan sampai bentuk cover lampu dan tatakan plat nomor sekalipun.

 

BODY PART. Dari bahan aklirik.



Mengambil basis modif racing style, tentunya nggak afdol jika tanpa penggunaan serba-serbi racing part. Karena itulah, Yusuf menanam banyak variasi racing style, terutama di area engine, undercarriage hingga perangkat tambahannya.

 

"Paling utama, saya pasang sok baru, pelek, arm sampai ke ban, jadi tidak ada lagi yang standar," bebernya. Tak ketinggalan, area mesin juga dijejali trend grafir, penggunaan warna-warna cerah seperti silver gold dan tambahan grafis minimalis berlatar warna biru untuk rangka dasar.

 

ENGINE. Dijejali trend baru dengan grafir.


Ingin mengunggulkan kesan transparan dari body akliriknya, Yusuf juga harus menata ulang part fital seperti tangki bensin. Karena tangki sudah dipresentasikan dari bentuk aklirik sisi luar, tangki asli diganti dari botol miras. Memang, kapasitasnya lebih kecil, namun karena bentuknya yang unik, cairan bensinnya malah bisa terlihat dari luar. "Yang penting, nggak asal pasang, dan klem dan selangnya juga rapat," tambah pemakai kopling Racing Boy ini.

 

TANGKI CUSTOM. Dari bahan bekas botol minuman.



Dengan kombinasi body transparan, tentu saja semua part jadi kelihatan. Nah, biar lebih terlihat menarik kala dikendarai, Yusuf membuat banyak pernak-pernik unik yang benar-benar mirip dengan aslinya, baik spatbor belakang, lampu depan-belakang, sign hingga jok. Tak ketinggalan, arena lampu-lampu LED yang terlihat terang dan warna-warni kala dinyalakan.


Terakhir, trend modif racing juga diterapkan, terutama custom bubutan dan engraving. Sementara, jika grafir kebanyakan dipanteng di engine area, Yusuf juga melakukannya di beberapa part lain, termasuk swingarm B-Pro, pelek almu TDR ing 17 hingga corong silencer knalpot. Overall looking, semakin sempurna dan unik.

 

SISI DALAM BODY. Ditambahi lampu warna-warni.



Selain finishing luar bertema khas Papua, si Anak Gunung juga menjejalkan banyak variasi khas street racing. Undercarriage misalnya, kombinasi pelek almu TDR dengan ban profil kecil, dirasa pas dengan sistem pengereman Brembo. Sementara, perangkat suspensinya juga diupgrade, hasil comotan bottom sok CMS, swingarm B-Pro dan monosok Satria FU. Meski tidak digrafir, kombinasi ini terasa lebih pas dengan pakem daily street racing. 

 

KNALPOT. Ganti variasi model kidal.




SPEK MODIF - NINJA 2014
SOK DEPAN : CMS - Satria FU< CAKRAM DPN - BELAKANG : Brembo / Custom, MASTER & KALIPER : Brembo, SWINGARM : B-Pro, TROMOL : Custom ukir, PELEK : TDR 17, BAN : ND Rubber 70/80-17, RANGKA : Stock, BODY : Custom aklirik, ENGINE : Stock kalter ukir, KOPLING : Racingboy, TANGKI ; Eks botol minuman Black Label, KNALPOT : DRT Racing, LAMPU-LAMPU : Variasi, PIJAKAN KAKI : CMS, STANG : RCB, FILTER : DRT, SPION : Aklirik, TACHO : X-case, BENGKEL / MODIFIKATOR : Cantika Ninja Modifikasi

 

 

 




NINJA - STREET RACING

 




Sedikit berbeda dari Ninja full transparan, Ninja bernick-name Anak Gunung ini mengambil konsep street racing, yang khas dengan pola modif racing harian. Trend-trend modifikasi street racing pun diterapkan dengan leluasa ke motor keluaran 2016 ini, karena si Anak Gunung tidak berpatokan pada showbike only, namun performa modif buat harian dan jalan-jalan di seputaran Nabire dan sekitarnya.

 

FAIRING. Semakin sporty dan sangar.



Rombakan awal yang dilakukannya, mengubah tampilan luar dengan pelepasan beberapa part body kecil, seperti side shroud dan cover samping. Kemudian, mengguyurnya dengan dasaran warna hitam yang didominasi kelir oranye dan kuning. Agar lebih menarik, diberi grafis berpola lurus berikut tambahan tematik fauna, sehingga terlihat seperti mimik kepala burung berikut mata dan bulu-bulunya.

 

ENGINE AREA. Resik dengan kombinasi warna gelap.


Khusus engine, spek memang masih bawaan. Dan rangka bawaan sebagian dicoak. Namun, part luarnya ditata lagi finishing dan detailnya, termasuk penggunaan laminasi karbon di sisi kalter, poles dan cat ulang bagian crankcase hingga tambahan pernak-pernik racing bercorak biru pelangi, seperti di leher knalpot dan corong silencernya.

 

TANGKI BRUSH. Paduan grafis berlatar gelap.



Tidak seperti geberan Yusuf yang mengandalkan part serba aklirik, Ninja satu ini masih ditopang banyak part stock. Namun, finishing luarnya diperbaharui. Bagian tangki misalnya, selain diguyur cat bertema khas street racing, desain airbrushnya juga eye catching, yang mana kombinasi warnanya terlihat mencolok meskipun dasarannya berwarna gelap.

 

BURITAN Grafis serupa bodi utama.



Padupadan warna dan tema juga diterapkan hingga buritan, nampak juga coretan dan grafis bulu yang terpapar hingga bagian ekor Ninja ini.  Lebih pas, jok custom yang super tipis juga dilapis ulang dengan cover berbahan laminasi karbon, yang warnanya dipilih lebih gelap.

 

CORONG KNALPOT. Tipe racing.






SPEK MODIF - NINJA 2016
SOK DEPAN : Standar coak, CAKRAM DEPAN - BELAKANG : Brembo, MASTER & KALIPER : Brembo, TROMOL : Custom ala becak style, SWINGARM : Standar coak, SOK BELAKANG : Stock, PELEK : TDR 17, BAN : Comet 70/80-17, RANGKA : Stancar coak, ENGINE : Stock, KOPLING : TDR, KNALPOT : IFN Racing, LAMPU-LAMPU : Stock, SIGN LAMP : Lite, PIJAKAN KAKI : Agra, STANG : CMS, STABILIZER : RCB, TACHO : Koso, RADIATOR : B-Pro, BENGKEL / MODIFIKATOR : Cantika Ninja Modifikasi.

 


naskah/foto : punk/istimewa

 

 

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER