2024 GranCabrio Folgore, Convertible Listrik Pertama Keluaran Maserati

Salah satu brand iconic asal Italia, Maserati merilis mobil listrik tipe convertible pertamanya di dunia, yakni Maserati GranCabrio Folgore.

 

Dari namanya, Maserati GranCabrio Folgore merupakan supercar bertampang convertible, basis sasisnya dari Maserati GranCabrio Trofeo. Sedangkan Folgore yang berarti petir, merupakan badge yang disematkan oleh Maserati untuk semua model mobil listrik keluarannya.

 

2024 04 otre maserati folgore 5

 

Secara spek, Maserati GranCabrio Folgore ini bisa melaju sangat kencang, berkat sokongan tiga motor listrik yang diposisikan dua motor di axle belakang dan motor listrik di axle bagian depan.

 

Motor listrik ini digerakan oleh paket baterai 92,5 kWh yang diletakkan di bagian tengah platform. Baterai ini bisa diisi ulang dengan fast charger DC hingga 270 kW sehingga waktu pengisian baterai antara 20% sampai 80% hanya butuh waktu 18 menit saja.

 

2024 04 otre maserati folgore 1

 

Meskipun menggunakan tiga motor listrik, paket baterai ini pun sangat mumpuni untuk menggerakkannya secara spontan hingga mampu menghasilkan tenaga 560 Kw atau setara dengan 751 bhp dan torsi sekitar 1350 Nm.

 

Nggak heran, jika akselerasinya pun bisa bikin jantung ketinggalan. Untuk kecepatan 0-100 km/jam, dengan sekali injak gas selama 2,8 detik saja. Range Maserati GranCabrio Folgore ini juga sangat jauh, di rentang 419 km hingga 447 km dengan kondisi baterai full. Top speednya mencapai angka 290 km/jam atau 180 mph.

 

2024 04 otre maserati folgore 3

 

Yang menarik, Maserati juga merilis GranCabrio versi mesin bensin V8, dengan fitur-fitur supercar khas Maserati seperti suspensi udara adaptif, rem Brembo depan enam piston 380mm dan belakang empat piston 350mm, dan roda depan 20 inci dan belakang 21 inci.

 

Jika dibandingkan antara Maserati GranCarbrio versi bensin dan Folgore, perbedaan mencolok ada di bagian eksterior, dengan grill depan Folgore yang lebih tertutup, desain pelek yang berbeda serta pilihan warna yang juga berbeda.

 

2024 04 otre maserati folgore 4

 

Sementara, di bagian interior tertanam aksen khas sporty dengan jok Econyl baru, yang terbuat dari nilon daur ulang, diklaim sebagai yang pertama di dunia otomotif, dengan bagian yang dipotong dengan laser untuk memberikan pola yang unik.

 

 

editor/foto : tim/maserati

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER