Samurai Paint Goes To School 2019 : SETELAH ANTUSIAS & MERATA RENCANA FIX AKAN DIKOMPETISIKAN

 

Samurai Paint Goes To School 2019. Saat demo di SMK Petra Surabaya & antusias direspons siswa.

 

 

Sebagai upaya menyambut era dan trend otomotif yang kian atraktif, pabrikan cat kaleng dengan brand Samurai Paint, kembali menggairahkan hobi remaja masa kini yang dominan menjadi pelaku trend otomotif. Wujud simpati, tanggung jawab dan kepedulian itu, direalisasinya dalam dalam program spesial berngaran Samurai Paint Goes To School.

 

 

Dan tahun ini merupakan tahun kedua dan telah merata digelar di seluruh SMK Indonesia Timur. Misinya, ingin berkontribusi ke dunia pendidikan pada lingkup pemberian bekal dan memoles keahlian remaja, tepatnya siswa SMK dalam proses pengecatan. Mengingat, variabel ini juga menjadi bagian dari upaya mengimbangi percepatan perkembangan dunia otomotif yang makin tak terbendung.

 

Sasaranya siswa-siswa SMK jurusan otomotif, yang erat terkorelasi. Dalam kegiatan ini, siswa diajarkan dan dilatih sampai bisa, hingga menghasilkan kualitas pengecatan yang layak dikomersilkan.

 

Prinsipnya, disini kita berusaha mengimplementasikan program Samurai Paint Goes To School hingga ada outputnya. Anggap saja setelah mereka lulus kemudian membuka usaha workshop cat mobil atau motor. “Dengan program ini, minimal siswa sudah memiliki Standard Operation Prosedure dalam proses pengecatan yang benar layaknya factory, ”harap Guruh.

 

Untuk metodhe pelatihannya, siswa kita bekali lebih dulu dengan materi teori dan membedah definisi cat kaleng, terkait mekanisnya, hingga formula bahan yang dikandung, sampai pemahaman dalam persiapan bidang yang akan dicat. Kemudian siswa diajak berinteraksi Tanya jawab, lingkup teknis pengecatan.

 

Harus ada siswa yang Tanya pada kelas pembekalan materi teori ini. Sebab, dengan bertanya, saya menerjemahkannya bahwa siswa yang berada di kelas ini, senang, hobi dan ada minat di otomotif.

 

Siswa SMK Petra Surabaya bersama tim Samurai Paint. Bangga mendapatkan ilmu baru soal teknik pengecatan.

 

“Sengaja, suasana saya bangun enjoy dan familiar lebih dulu, agar anatomi seluruh tubuh ikut rileks. Sebab, saya yakin dengan cara ini, siswa akan mudah improve, berimajinasi, menelurkan ide, hingga ada passion, saat memainkan ritme knop spray cat kaleng Samurai Paint, ”lontar Guruh Xride tim instruktur Samurai Paint Goes To School yang kebetulan menggelar kunjungan ke SMK Petra, kawasan Jemur Handayani, Surabaya.

 

Setelah pembekalan materi teori, langsung ke praktek. Paling dasar basic ke single colour atau biasa diistilahkan warna polosan, kemudian cara melapis clear atau mernis. Setelah mahir dan merasa bisa, kita tawarkan ke corak grafis.

 

Pada level ini ada tambahan teknik memainkan atau pemasangan solatip sebagai alat bantu pembatas atau pemisah warna. Bahkan, pada level ini ada siswa yang melontarkan mengusung unsur warna bunglon lewat permainan gradasi warna. “Nah, disini saya sukanya dengan siswa SMK Petra, soal otomotif wawasanya luas, ”nilai Guruh.

 

Seiring dengan berlangsungnya praktek, kita juga berusaha menjadi mentor, ikut mengamati dan memberi himbauan cara-cara yang benar. Di level ini siswa brada pada fase matang, untuk menyelipkan variabel ilmu dan teknik tambahan jadi lebih mudah. “Sebab, istilahnya siswa sudah riding berada di gigi 3, ”senyum Guruh.  

 

Menariknya, di tahun ini output program Samurai Paint Goes To School rencana pastinya akan dikompetisikan di 2019. Cuman, di tahun ini proyek percontohannya di Jatim lebih dulu. Skema lombanya, antar siswa SMK di setiap karsidenan akan dikompetisikan lebih dulu. Kemudian, siswa pemenang dari setiap karsidenan tadi, akan dibawa ke kompetisi level provinsi.

 

Dan di tahun 2020, rencana pastinya juga akan digelar skala nasional, di Surabaya. “Jadi, siswa SMK yang pernah mengikuti pengajaran Samurai Paint Goes To School, khususnya setiap provinsi di wilayah Indonesia Timur dan merasa piawai atau jago, akan diundang ke Competition Samurai Paint Goes To School. Pastinya, juga ada trophy, piagam dan angpau, sebagai bentuk apresiasi dari Samurai Paint, ”beber Guruh.     pid