Chery Omoda E5 Mulai Diproduksi di Indonesia, Bersiap Untuk Pasar Ekspor

PT Chery Sales Indonesia (CSI) selaku apm Chery di Indonesia resmi memulai produksi unit kendaraan listrik Omoda E5 untuk kali pertama. Produksi CKD mobil listrik Omoda E5 ini dilakukan di pabrik Chery yang terletak di bilangan Pondok Ungu, Jawa Barat.


Roll Off Ceremony OMODA E5 perdana sudah dilakukan pada 2 Desember 2023 lalu dan dihadiri oleh Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Shan Xiangqian, Wakil Gubernur Provinsi Anhui China, Zhang Guibing, President Director of Chery International, Chen Chunqing, President PT Chery Sales Indonesia, Qu Jizong, Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia, dan Jongkie Sugiarto, Komisaris PT Handal Indonesia Motor.


“Dimulainya produksi Chery OMODA E5 di Indonesia menjadi sebuah langkah nyata yang menunjukkan komitmen kami untuk mendukung transisi energi hijau di Indonesia. Kami percaya bahwa mobil listrik adalah masa depan transportasi, dan kami berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia,” papar Chen Chunqing, President PT Chery Sales Indonesia.

 


“Mobil listrik Chery, OMODA E5, yang diproduksi perdana kawasan Asia Tenggara merupakan hasil terbaru dan menunjukkan komitmen kami terhadap pasar Indonesia. Kami akan terus mendorong inovasi teknologi, menyediakan solusi mobilitas yang lebih ramah lingkungan, lebih cerdas, dan lebih nyaman bagi konsumen Indonesia," jelas Zhang Guibing.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam sambutannya menyatakan apresiasinya akan acara Roll Off Ceremony OMODA E5 yang berlangsung kemarin. “Kami mengapresiasi komitmen Chery dengan diproduksinya OMODA E5 di Indonesia mulai kemarin, sekaligus berperan aktif dala pengembangan industri otomotif yang bertransformasi menuju era elektrifikasi dan ekosistem ramah lingkungan. Dengan pengalaman kuat Chery dalam produksi dan ekspor kendaraan, kami juga berharap bahwa Chery akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor untuk mobil listrik,” jelas Airlangga.


Chery OMODA E5 ini diperkenalkan pada ajang GIIAS 2023 kemarin dan pre booking telah menyentuh angka 400 unit. Omoda E5 juga menjadi EV pertama Chery untuk pasar global yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

 

Rifki Setiawan Head of Brand PT Chery Sales Indonesia CSIRifki Setiawan Head of Brand PT Chery Sales Indonesia CSI


Rifkie Setiawan selaku Head of Marketing PT CSI mengatakan Chery Omoda E5 dengan rakitan Indonesia juga akan diekspor ke beberapa negara yang menggunakan setir kanan.


"Opportunity apa dihasilkan di Indonesia bisa diekspor, dan kita menjadi basis produksi untuk model (mobil Chery) setir kanan," jelas Rifkie saat diskusi bersama Forum Wartawan Otomotif akhir pekan lalu.


Menurutnya, mobil listrik OMODA E5 untuk perakitan secara lokal dilakukan pada Desember 2023 "Produksi sampai Januari 2024, sehingga kuartal pertama harapannya Februari kita sudah bisa delivery di bulan Februari," tambahnya.


Chery sendiri tengah mengejar tingkat TKDN di atas 40 persen untuk Omoda E5, di mana pabrikan mobil Tiongkok ini berusaha memenuhi TKDN tersebut di tahun 2024 mendatang.

 

Naskah / Foto : Masdon

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER