BOLT ON STYLE : SOLUSI INSTAN TAMPIL MENAWAN

TEMA modifikasi penambahan panel bodi dengan konsep add on atau bolt on, belakangan ini makin digemari modifmania yang masih belum menemukan tema modifikasi yang terkonsep. Diklaim juga ramah bagi mo dif mania yang baru kenal modifikasi.


Fenomena ini kemudian dimanfaatkan dan dikembangkan beberapa produsen akseso aftermarket, dengan meluncurkan option part bodi minimalis. Bisa juga disebut, sebagai rangkaian fenomena boomingnya winglet di Moto Gp. Atau mengulang masa kejayaan body kit roda empat di tahun 2000. Apa saja sih ?

FRONT SPOILER
TOURING enduro bike identik dengan front spoiler sebagai ciri khasnya, seperti halnya CB500X atau BMW GS1200. Hal demikian yang kemudian menjadi inspirasi penunggang Versys 250, sebagai pendatang baru di segmen touring enduro.

Front spoiler gaya CB500X menjadi rujukan kemudian direplika dan diaplikasi Versys 250. Hasilnya juga makin cakep, kental sosok touring enduro. Secara desain mengikuti lis headlamp bawah, dengan tambahan bidang bodi menjorok ke depan tak sampai 8 cm.

Lebih sip, ketika dibuat dari bahan fiber. Sebab, dari tingkat kepresisian, tarikan garis dan nat dapat dibantu dengan dempul.


WINGLETS
FITUR panel bodi hasil inspirasi dari Moto Gp, makin dikembangkan terus oleh produsen akseso. Mengingat, tak hanya keperluan kompetisi saja piranti ini apik diaplikasi. Untuk modifikasi bisa menjadi rujukan, hingga tersaji winglets konsumsi atas dan bawah yang dilengkapi weaker vortex, dengan pilihan ukuran mini dan medium. Fenomena ini turut dimanfaatkan tuner road race.

WINGLETS HEADLAMP
Posisinya biasa diaplikasi di bawah headlamp, yang memiliki desain headlamp double. Saat ini, marak diaplikasi di skutik dan sport fairing yang mengusung headlamp double. Karena dimensinya yang lebih menonjol dari lebar bodi, maka di gerai akseso ba - nyak yang menyebutnya dengan wing - lets. Secara fungsi, lebih pas ketika disebut sebagai pemecah angin. Se - bab, secara desain lebih menjorok dari bidang headlamp. Alhasil, ketika dipacu di top speed, headlamp tak lagi menjadi tadah angin.




WINGLETS SKUTIK PREMIUM
Mulai marak menjadi konsumsi skutik premium seperti N Max. Hasilnya juga lebih sporty, saat diaplikasi di seputaran panel bodi depan atas, dengan dimensi mini. Dari segi estetika juga dapat, sebab secara posisi sejajar dengan windshield yang juga sebagai penunjang aerodinamis. Dengan desain sama, tapi ukuran lebih besar, juga bisa dimanfaatkan pelengkap fitur bodi depan bagian bawah.

Sisi lain, juga matching saat dimanfaatkan sebagai pemanis buritan. Cuman, dari sisi estetika penempatannya seting proposional agar serasi bersanding buritan. Pada bagian ini tinggal menggesernya lebih ke atas atau ke bawah saja.

Buat pemakaian harian atau touring, sebagai pengamannya dapat diganti dengan baut sekrup. Jadi, manfaatkan body atau bahan wingletsnya sebagai dudukan sekrupnya. Agar tak mudah kendor rapatkan dengan lem sejenis Alteco. Berlaku untuk pemasangan winglets depan bagian atas bawah dan buritan.

WINGLETS BEBEK ROAD RACE
Termasuk yang pertama mengaplikasi dari inspirasi winglets Ducati di Moto Gp. Bedanya, saat diaplikasi di bebek kuda besi road race, konsumsinya untuk memaksimalkan traksi roda depan saat trek basah. Bahannya dirancang dari potongan sayap.


PANEL SPOTLIGHT
Bagian ini yang diklaim memang fungsional, pasalnya desain panel spotlight dirancang meneruskan panel bodi depan N Max. Sehingga, tampil macam bawaan pabrik. Biasa dimanfaatkan sebagai rumah spotlight atau projector, sebagai tambahan penerangan. Alhasil, jadi lebih konsumtif bagi penunggang N Max yang demen touring hingga riding malam hari.

Mengingat spotlight posisinya harus stabil saat menghadapi vibra, maka proses pemasangan layak diperkuat dengan baut. Begitu juga dengan dudukan spotlight, wajib dilengkapi dengan peredam agar tak menimbulkan vibra.




PANEL WIDEBODY
Secara fungsi dimanfaatkan sebagai pengaman kaki bikers dari tekanan angin. Tapi, ketika ditinjau dari hasil akhir, penambahan piranti ini sanggup menyajikan tampilan panel bodi depan terkesan lebih wide. Desainya juga terkesan meneruskan garis bodi, sehingga lebih mengekspresikan kesan elegan.

PANEL STOPLAMP DUCKTAIL
Versi sebelumnya, ducktail dirancang dengan konsep bolt on terpasang di atas stop lamp dan polos. Sekarang mengalami evolusi, sebab ducktail dirancang menjadi satu dengan cover stop lamp dilengkapi tambahan lampu strip atas, sehingga tampil satu kesatuan. Sipnya, proses aplikasinya mudah, panel stop lamp orsinya lepas dulu baru gantikan panel stoplamp ducktail. Tak perlu bingung menambahkan mur, pasalnya dirancang simetris dengan bekas mur pasangan baut orsinya.

VORTEX GENERATOR WIDE SHROUD
Biasa diaplikasi di roda empat aliran street racing, cuman penempatannya ada diatas plafon buritan. Tapi, sekarang fitur vortex generator itu muali diaplikasi di wide shroud sport aliran street fighter. Cuman, kalau di wide shroud penempatannya ada di samping, secara fungsi justru lebih tepat sebagai pemecah angin. Buat estimasi tambahan option partbody yang sifatnya bolt on, bisa menjadi rujukan.


AIR SCOOP & INTAKE
Kalau boleh berimajinasi, untuk menunjang proses pendingin mesin, perangkat open filter dapat dimanfaatkan sebagai air scoop. Cukup mencangkoknya di panel bodi bagasi bawah skutik. Caranya, lubangi panel bodi seukuran selang open filter, lengkapi dengan klem luar dan dalam sebagai penguat kedudukan open filter yang dimanfaatkan sebagai air scoop tadi.

Sebagai pengarah angin, tambahkan selang spiral untuk mempermudah menekuknya untuk mengarahkan ke bagian kompartemen mesin yang dimaksud. Selain sebagai pendingin, cara ini juga dapat diaplikasi sebagai penunjang air intake, sebagai konsumsi tambahan udara karbu dan box filter mesin Fuel injection. Agar tekanan angin tetap difilter lebih dulu, guna memastikan udara tetap steril.

INSTALASI SELANG RADIATOR
Kalau pengguna mesin turbo bangga pamer piping intercooler, seharusnya modifmania pengguna sport, bebek dan skutik ber-radiator, sebenarnya juga bisa pamerkan jalur selang radiator. Aplikasinya bisa dimulai dengan menyediakan selang radiator aftermarket dengan pembungkus jenis ebonit mengkilap, yang cakep buat dipamerkan. Rangkaian penyambungan dpaat mengaplikasi model seri. Agar, kedudukan selang stabil saat kena vibra, lengkapi dengan holder dengan memanfaatkan bodi sebagai dudukannya.