KENALI EFEK BEARING TROMOL MENGALAMI PENYIMPANGAN

PROBLEM bearing tromol aus, biasa disepelekan oleh bikers, selama tak sampai mengganggu kestabilan riding. Ditambah lagi kondisi jalanan seperti saat ini, penyimpangan bearing yang sebenarnya mengganggu kestabilan, tereliminir oleh kondisi jalan yang kurang baik.


Cuman, ujung-ujungnya suplai bahan bakar boros. "Nah, perhatikan ya saat speling bearing sudah berlebihan, cakram jadi mudah kontak dengan kampas caliper, spesial untuk roda depan,” buka Nanto dari Bogang Motor di kawasan Jl. Sidodadi, Sidoarjo.



Praktis untuk mengeceknya, cukup standar tengah dan putar roda depan. Misalkan ada suara gesekan cakram dengan kampas cakram, sebaiknya ganti baru. Itu artinya, kondisi bearing sudah mendekati limit pemakaian.

Kalau bearing roda belakang, cukup goyang roda belakang ke kanan kiri. Kalau sampai muncul speling, itu artinya ada bagian bearing yang mengalami penyimpangan. Tapi, ingat ya bearing pada tromol belakang terbagi 2 bagian, panel gir 1 bearing dan tromol 2 bearing. Lebih jelasnya cukup lakukan pembongkaran.

"Sebab, gejala bearing yang memback up panel gir, ciri khasnya sisi mata gir belakang ada bekas terkikis, "terang Nanto memastikan. | nda