ALTERNATIF PRAKTIS CARA MENYETING KEKENCANGAN RANTAI

MEMANG banyak metodhe proses penyetelan rantai kuda besi sport dan bebek. Terbaru dan bisa dijadikan inspirasi adalah penyetelan rantai para rider adventure. Saat mengalami problem rantai kendor kencang, efek seringnya rantai dipaksa menghajar tanjakan dan melawan pekatnya lumpur.


Cara terbaru, bisa memanfaatkan majun atau kain lap. "Jadi, setelah tensioner rantai sisi kanan dan kirinya sudah ditarik rata sesuai tingkat kekencangan rantai yang ideal, selipkan majun tadi diantara gir dan rantai, sebagai pengganjalnya," terang Janal Chunk mekanik DQ Motor di Jl. Ketintang Permai Selatan, Surabaya.



Dengan begitu, ketika mur as roda dikencangkan, tingkat kekencangan rantai yang dimaksud tak sampai mengalami perubahan lebih kencang, seperti yang biasa terjadi saat penyetelan rantai berlangsung.

Maka, cara praktis ini juga klop diterapkan saat menyeting kekencangan rantai kuda besi yang suspensi belakangnya memakai monosok, yang identik rawan terhadap perubahan, seiring dengan panjangnya travel monosok.

"Agar, tegangan rantai tetap kembali normal dan tak kendor kencang, "yakin Janal. l pid