HONDA SONIC 150, MALANG : BACK UP PEGAS KATUP R25

KELAS MP5 antara pembinaan rider belia dan diuntungkan basis kuda besi, memang beda tipis. Pastinya, terkait makin variatifnya line up kuda besi berbasis 4 tak injeksi 150 cc. Keperluan memangkas manuver dengan wheel base yang identik makin molor lebih terasah. Satu hal terpenting, di usia belia sudah memacu kapasitas 150 cc.


Jadi, tambah tahun popularitas rider belia yang pelan tapi pasti menggeser rider kawak, "optimis Andi Wijaya owner tim Sinar Berlian Mobil Akila Putri, Malang yang menggandeng rider belia potensial Vicky Haris dan diarsiteki Lek Kom asal Gadang, Malang. Dibentuknya tim juga hasil reinkarnasi Andi Wijaya yang dulu mantan rider era 05, yang ingin come back ke dunia balap. "Bahkan ini masihj sparenya," semangat Lek Kom.



Korekan MP5 berbasis Sonic 150 memang cukup strategis, ketika disinkronkan dengan regulasi yang baru ditetapkan saat ini. Throttle body jadi tak perlu permak, sebab sduah 28 mm inletnya.

"Jadi, cukup main remer poles intake - exhaust sampai 30 mm dan pembenahan perbandingan kompresi di angka 11,7 : 1, "terang Lek Kom yang memilih injector SRP 12 hole itu. Mak, camshaft orsi turut disempurnakan dengan pinggang 22 mm dan tinggi 28 mm, serta pencapaian overlap di 12 derajat. Pada bagian ini pegas katup R25, turut diaplikasi sebagai penunjang. Outputnya, kental torsi bawah hingga tengah diupayakan ringan berakselerasi.

Pasal itu pula Lek Kom berani pasang final gear ringan di 13-50. Taruhannya, untuk meminimalisiri power loss pegas kopling custom dari kanibalan pegas kopling sport 4 tak. Kalau pelepas gas buangnya, macam memperlebar power band, dengan rumus leher 32 mm dan sarangan knalpot 40 mm.

"Final seting untuk saat ini di kelas MP5 ECU BRT Juken 3 masih yang terbaik, faktanya mudah disinkronkan, "pasti Lek Kom yang sukses menghantar Vicky jadi runner up di kelas ini level Jatim. | pid

SPESIFIKASI
ECU : BRT Juken 3
Knalpot : Handmade
Final gear : 13-50
Camshaft : Custom
Pegas kopling : Kanibalan sport 4 tak
Pegas katup : Yamaha R25