ASIA TALENT CUP 2018 – SEPANG: Joki Astra Honda Raih Podium Tertinggi

Para joki muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) mampu menyelesaikan balapan putaran ketiga kompetisi Asia Talent Cup (ATC) 2018 dengan gemilang. Bendera Merah Putih berkibar di podium tertinggi setelah para pebalap Indonesia ini berhasil memenangkan persaingan sengit dengan para pebalap muda Asia lainnya.


ATC putaran ketiga yang dihelat di Sepang International Circuit, Malaysia (28-29 Juli) menjadi saksi sejarah berkumandangnya lagu kebangsaan Indonesia Raya diiringi pengibaran bendera Merah Putih setelah Mario Suryo Aji mencatatkan kemenangan pertamanya bagi Indonesia di podium tertinggi. Pencapaian ini sekaligus menempatkan Mario pada posisi ketiga klasemen sementara.



Balapan yang digelar sebanyak dua kali ini diisi dengan pertarungan sengit pembalap binaan AHM. Race pertama di hari sabtu (28 Juli), Mario bersaing salip menyalip dengan seru dengan pebalap asal Australia hingga garis finish. Joki Astra Honda lain, Lucky Hendriansya dan Agung Fachrul juga bisa menyelesaikan balapan dengan baik dengan finish di posisi keempat dan kedelapan.



Sedangkan Afridza Munandar tidak dapat melanjutkan balapan setelah mengalami insiden di lap ke-5. Sementara itu, M.Adenanta Putra tidak dapat mengikuti balapan putaran ketiga ini dikarenakan cedera pada sesi kualifikasi.

Race kedua di hari Minggu (29 Juli), Mario berjuang keras sejak awal balapan. Memulai start dari baris kedua Mario mencoba masuk di grup terdepan, tetapi ketatnya persaingan pada balapan kali ini membuat Mario kesulitan melakukan overtake dan terjebak di rombongan tengah.

Banyaknya pebalap yang tampil agresif mendekati grup terdepan di setiap tikungan membuat Mario harus puas menyelesaikan balapan dengan finish di posisi kesembilan.

“Saya senang sekali dapat mengibarkan bendera Merah Putih pada balapan pertama. Namun sayang sekali, pada balapan kedua ini saya tidak meraih hasil yang saya harapkan. Saya sudah berusaha semaksimal mungkin tapi saya belum mampu kembali memberikan podium untuk Indonesia. Semoga di seri berikutnya saya mampu untuk kembali meraih podium,” ujar Mario.

Sementara itu, pada balapan kedua ini Lucky berhasil finish di posisi ke-11 dan Agung di posisi ke-12. Sedangkan Afridza  yang sempat menyodok dan bersaing di grup terdepan kembali mengalami nasib kurang beruntung karena harus keluar gravel setelah disalip oleh pebalap asal Jepang saat memasuki lap kelima. Afridza terpaksa tidak dapat menyelesaikan balapan.  | punk