CIV MISANO 2018 : Galang Hendra Tambah Pengalaman

Tampil perdana sebagai wild-card di balap bergengsi Campionato Italiano Velocita (CIV) di Sirkuit Misano Italia 28-29 Juli 2018, Galang Hendra meraih hasil berbeda di dua race yang telah dilakoni.


Di race pertama kelas Supersport 300 (SS300) yang digelar hari sabtu 28 Juli, Galang sukses finish ke-4 , setelah joki berusia 19 tahun ini start dari grid ke-5 atau baris kedua dengan catatan waktu 1 menit 50,621 detik.

Selepas start, Garuda Muda Indonesia yang berada di urutan ke-6 ini tidak pantang menyerah. Terus berjuang mengejar dan menekan lawan hingga dapat berada di posisi ke-5. Pada lap ke-4, bendera merah (redflag) dikibarkan karena terjadi sebuah insiden hingga harus dilakukan start-ulang (restart).



Lap-lap selanjutnya, Galang Hendra berada di posisi top group dan cukup lama berjuang di posisi ke-4. Sebetulnya di lap terakhir, Galang Hendra yang membesut pacuan Yamaha YZF-R3 sempat berada di deretan ke-2 dalam beberapa tikungan. Namun karena pertarungan yang sangat ketat, pada akhirnya harus puas finish ke-4.

Meskipun terpaut 0,858 detik dari Luca Bernardi (Team Trasimeno) yang finish paling depan, pencapaian yang diraih Galang Hendra terbilang luar biasa. Lebih dari itu, proses adaptasi petarung tim MotoX Racing ini berlangsung cepat, dan membuktikan jika pembalap asal Yogyakarta ini mampu bersaing, apalagi kategori SS300 cukup ramai dengan 42 starter yang berasal dari berbagai negara.

“Saya telah menyelesaikan race pertama dengan sempurna. Walaupun saya finish ke-4, saya tetap bersemangat.  Saya bekerjasama dengan tim untuk mencari solusi terbaik dalam menghadapai race ke-2 besok,” terang Galang Hendra.

Sementara di race kedua yang berlangsung hari minggu (29 Juli), Galang Hendra Pratama tidak bisa melanjutkan balapan. Race kedua yang dihelat 10 lap ini sempat dihentikan dengan redflag karena terjadi crash dalam rombongan pembalap. Setelah re-start, Galang Hendra sempat berada di posisi kedua.

Namun, mulai lap ke-6, posisinya terus melorot, dari posisi 6, ke posisi 7 saat lap ke-7. Sempat naik lagi ke posisi 5, namun di lap terakhir ada rider lain yang menyenggol ban belakang motor Galang, hingga crash dan gagal finish.

Meskipun menuai hasil berbeda, Galang tetap optimis di race event ke depan.
“Terimakasih untuk tim dan semua yang sudah mendukung saya. Pada race ke-2 persaingan cukup ketat, sayangnya pada lap akhir ketika sedang mencoba untuk masuk ke posisi 3 besar salah satu rider mengenai ban belakang saya sehingga saya crash. Kondisi saat ini saya baik-baik saja. Semoga di event selanjutnya saya bisa memberikan hasil yang lebih baik,” tutupnya.