Saiful Pak Wo Off Roader Nasional Galena Donkas Off Road Team, Jatim : Mania Cherooke & MenJunjung Tinggi Nilai Sosial

Off road bersama putranya Donnie Chrizandy, off roader nasional

Menggabungkan antara hobi dan bersosial, sudah lama menjadi cita-cita dan obsesi off roader nasional Saiful Pak Wo asal Prigen, Pasuruan, Jatim. Faktanya, di zona pedalaman, miris dan minus, jarang tersentuh. Pertimbangan itu, disetiap berkompetisi off road di berbagai daerah atau sekedar adventure off road, selalu diluangkan menggelar kegiatan sosial dengan warga di pedalaman.


Bahkan, strategi untuk menggerakkan dan menghidupkan kembali off road di Jatim, makin mengemuka direalisasinya. Seperti dibangunnya sirkuit buat latber di kawasan Prigen, serta kembali mendukung kejuaraan off road sebulan silam di Jombang. "Maka, anggap saja kalau tahun ini awal kebangkitan tim off road di Jatim, "pasti Pak Wo. Berikut hasil wawancara dengan Pak Wo di padepokannya Prigen, Pasuruan.  

Saiful Pak Wo memberi kail remaja belia sekitar & angkat nilai sosial



Selamat pagi Pak Wo, kapan anda mengawali hobi off road hingga menjadi off road, bisa diceritakan lika likunya ?

Awalnya, sejak tahun 94 saya menjadi navigator off roader nasional H. Prapto dari Prapto Motor, Pandaan. Otomatis even yang diikuti rata-rata nasional di Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Nah kalau di level nasionalnya saya navigator, tapi untuk regional di Jatim saya juga pembalap off road. Kalau seorang navigator harus berani mengambil keputusan, apapun resikonya untuk menjadi juara, sedang driver harus bisa mencerna instruksi navigator. Kedua skill itu yang biasa saya kaji dan gabungkan, hingga ke kejuaraan nasional dan aktif hingga tahun 2005. Lalu tahun 2006 sampai 2011 vakum, kemudian 2012 persiapan kembali aktif. Dan di 2013 langsung membangun gacoan 4000 cc berbasis Cherooke berlaga di kelas FFA dan mendirikan tim bernama Donkas Off Road Team yang menjadi bagian dari tim Galena Off Road. 

Pak Wo berbagi donasi saat off road di seputaran Jogja



Kalau anda memandang off road itu seperti apa sih, sehingga anda begitu menikmatinya.

Off road itu mengadu kedigdayaan berpikir meracik option part pendukung gacoan, kepiawaian skill sampai fisik yang bengal. Banyak menghadirkan inspirasi, mengembangkan tekhnik, baik untuk mekanik, crew sampai pembalapnya. Segala sesuatunya berlangsung learning by doing, mengingat option part kelas dunia yang dipakai, tetap ada penyerasian dan re-seting dan bisa mengalami penyimpangan. Tapi, kalau mau mencermati lebih dalam lagi dan memandangnya dengan mata hati, off road itu seperti refleksi kehidupan. Ada saatnya trek menanjak dan terjal yang harus dilalui dengan sabar, merangkak dan merayap. Dan ketika trek licin harus dilalui dengan balans, sebaliknya saat di turunan ambil dan potong dengan landai agar tetap selamat. Dengan asumsi, segala sesuatunya dilakukan dengan niat dan yakin ya. Jadi off road ini, bisa dikatakan mirip dengan lika-liku kehidupan saya saat masih remaja, jatuh, bangun dan berusaha lepas dari keterpurukan. Dari pengalaman saat belia itu juga, kemudian menjadi motivasi hidup saya sekarang untuk bersosial lebih dan lebih ke sesama.

Bentuk sosial apalagi yang anda lakukan ? atau hanya sebatas di off road saja ?

Aktifitas setiap hari saya ada usaha pengolahan kayu sono kering bernama CV Donnie Kayu Sejahtera, kualitas export. Sebagai bahan dasar peralatan alat musik sampai furniture, berada di seputaran Prigen. Sampai di bidang usaha ini, tetap saya angkat dan terapkan sisi sosial, dengan melibatkan anak putus sekolah dan anak yatim piatu sebagai karyawan. Jadi, sifatnya memberi kail ke mereka, serta kepercayaan. Kelak saat dewasa, diharapkan memiliki jiwa bisnis atau usaha, untuk membantu terhadap sesama.

Bagaimana anda mengatur waktu, antara aktifitas setiap hari dengan kesibukan off road yang banyak menyita waktu, seperti persiapan dan saat latihan. Lalu bagaimana anda menyikapi agar tak kehilangan waktu buat keluarga ?

Untuk berlaga di off road, keluarga biasa saya libatkan, termasuk anak saya Donnie Krizyandy yang sekarang sudah tertular hobi off road hingga menjadi off roader nasional langgangan podium, dengan membawa panji Galena Donkas. bahkan ketika adventure off road, saya sering mengajak sekeluarga.
Sebab, dari situ pula saya berusaha menanam dan menularkan sifat untuk bersosial ke keluarga. Kalau untuk latihan saat persiapan menghadapi even, biasanya latihan di sirkuit Bimo, di desa Dayu Rejo, Prigen, jadi tak banyak menyita waktu. Sebab, istri, anak hingga kerabat bisa kumpul bareng, seperti kopdar tipis-tipis.