ototrend online

MODIF STREET FIGHTER NEW V-IXION & CB 150 R

User Rating: / 9
PoorBest 
MODIF STREET FIGHTER NEW V-IXION & CB 150 R

Kedua sport bike ini layak menjadi best sellernya pabrikan Yamaha dan Honda, sebab keduanya memiliki timing sama dalam peluncuran di pasar Indonesia. Dengan segmen sama, yakni menyasar remaja diatas 15 tahun hingga ke pria exmud.


Dan pertimbangan pada segmen yang berkarakter agresif ini, maka pabrikan turut beradu tekhnologi mesin sistem injeksi demi menghasilkan performa mesin yang bengis tapi irit, serta desain bodi yang modis. Dan futuristisnya desain bodi kedua varian ini, yang kemudian sempat membingungkan modifmania.

Maka, di kesempatan ini otre mencoba membedah lebih lanjut, bagian mana saja yang berpotensi untuk dimodif pada New Vixion dan CB 150R ? Dan memang disini banyak persamaan konsep modif untuk konsumsi keduanya, mengingat persamaan konsep desain bodi.

 

CANGKOK UP SIDE DOWN

Untuk konsumsi kaki depan dapat diganti jenis up side down produk Taiwan, yang ramai dijual di toko variasi. Cara mengaplikasinya juga mudah, sebab pada prinsipnya memiliki persamaan kontruksi. Cuman, pada bagian ini dibutuhkan penyerasian diameter as komstir, untuk tetap mengikuti diameter dalam bearing komstir yang mengaplikasi.

Maka, prakteknya saat diaplikasi di CB-150R, wajib ditambahkan bushing dengan ketabalan 1,6 mm untuk mengganjal as komstir bawaan up side down yang memiliki diameter 24 mm. Agar pas saat dipasang dengan komstir orsi CB 150R.

Tapi, ketika dicangkok di New Vixion yang memiliki diameter as komstir 25 mm, lebih baik as komstir bawaan up side downnya yang dilepas dan ganti as komstir bawaan New V-Ixion. Sebab, ketebalan bushing yang akan dipakai ganjal terlalu tipis di bawah 1 mm, sehingga rentan aus dan menyebabkan macet.

Dan ketika, menerapkan as komstir New Vixion ke segitiga atas bawah up side down untuk proses pemasangannya tinggal membesarkan diameter lubang pada segitiga dan pasang dengan sistem pres dan kunci dengan baut sistem spy.

MONOSOK

Dengan pertimbangan adanya monocross atau unitrack sebagai penambah beban ungkit ke monosok, maka monosok yang dilengkapi tambahan monocross seperti CB 150R dan New Vixion paling ideal memakai monosok jenis paling kenyal.

Dengan komposisi tabung peredam kejut diameter paling besar dan spiral profil diatas 10 mm. Ditujukan sebagai pembatas travel agar tak terlalu berlebihan saat menerima beban statis atau saat melewati jalanan bergelombang.

Cara ini juga lebih tepat, untuk menjaga nunggingnya bodi buritan sporty. Selain itu juga ditujukan untuk memaksimalkan keperluan saat dipakai manuver di tikungan lebar atau patah. Agar tampil lebih modis, pilih warna spiral yang lebih kontras.

Untuk itu, pahami lebih dulu dimensi monosok bebek atau sport yang pertama lebih dulu memakainya. Untuk mempermudah pencarian versi variasinya, dengan sistem kanibalan.
Berikut data monosok after market yang banyak beredar di pasar aksesories

Jenis                       Profil spiral                       Dimensi
Satria F             11 mm – 12 mm            28 cm
MX                    12 mm – 13 mm            21 cm
V-Ixion             10 mm – 12,5 mm          25 cm (monocross)
Scorpio             11 mm – 12 mm             24 cm (monocross)
Ninja 150          10,3 mm - 11,5 mm        31,5 cm

LENGAN AYUN

Bicara sektor lengan ayun, orsi bawaan motornya sudah mumpuni, cuman kurang modis lantaran kontruksinya konvensional. Kalau meninjau, buritan CB 150R dan New Vixon yang sporty, maka kontribusi lengan ayun custom yang pas adalah lengan ayun yang memiliki penampang lebih besar atau model banana dan bisa juga jenis single arm.

Sebelum mencangkoknya, pahami lebih dulu kontruksi lengan ayun CB 150R dan New Vixion. Untuk kontruksi, lengan ayunnya diapit rangka dan bentuknya mirip dengan abjad A.
Dan seiring dengan peluncuran kedua varian ini, pabrikan variasi telah menanggapinya dengan meluncurkan lengan ayun variasi custom, langsung pasang. 

Alternatif lain, dapat menerapkan lengan ayun limbah. Cuman, saat mengaplikasinya tambahkan bushing teflon sebagai pengganjal antara bearing dengan poros lengan ayun. Kendala lain yang dijumpai adalah lebar lengan ayun limbah, biasanya lebih lebar, ketika dibandingkan lebar kolong rangka. Sehingga saat mengaplikasinya butuh dipangkas tepi bushing poros lengan ayun, sesuai dengan lebar kolong rangka CB 150R atau New Vixion.    

VELG BALOK YANG AMAN

Kalau menanggapi detail konsep modif yang berganti kaki-kaki, maka idealnya tapak kaki juga berganti model balok, agar lebih didapat estetikanya. Untuk limit pemakaian profil velg, kondisi kaki-kaki standar dapat memakai profil 250-17 dan 350-17. Dengan pertimbangan, profil ban yang dipakai memiliki perbandingan ideal 100/80-17 dan 120/70-17. Dan ketika kaki-kaki berganti limbah, idealnya profil velg depan bisa memakai 300-17 dan belakang 350-17.

Selain itu, perhatikan juga detail tinggi dinding velg. Paling aman tinggi dindingnya berada di 15 mm. Agar elastisitas lis ban luar masih didapat saat mencongkel dari velg. Tapi, kalau tinggi dinding velg di 18 mm, elastisitas ban luar lebih susah saat dicongkel dari velg.

MAKSIMALKAN KONSEP TOURING

Cangkok Stang Kemudi Special Engine
Dapat mencangkok jenis ini, buat CB 150R dan New Vixion, stang kemudi jenis  baplang atau yang biasa dipakai special engine. Pertimbangannya kedua sport jenis naked itu, juga cakep saat dikonsep touring. Efek yang didapat, dengan stang kemudi lebar handling lebih mantap, sehingga optimal memaksimalkan kestabilan motor saat di top speed dan jalanan makadam.

Di pasaran stang kemudi jenis ini beredar dua jenis, model standar dengan diameter pipa satu ukuran. Dan model fat bar, dengan desain mirip anatomi tangan manusia. Ujung kanan kiri kecil bagian tengah besar. Tapi, saat mengaplikasinya lebih baik tambahkan raiser adaptor. Agar posisi stang kemudi lebih terangkat, untuk menyiasati kontur pendeknya stang kemudi jenis ini. Cara ini juga diterapkan untuk menjaga riding style tetap nyaman dan tak terlalu membungkuk.

Stang Kemudi Cross Wajib Ber-Handguard
Selain mendongkrak tampilan bagian kemudi, piranti ini juga lebih safety saat diaplikasi. Salah satunya mencegah roda depan terkunci saat tuas rem nyantol pengendara lain. Buat sport modis seperti CB 150R dan New Vixion, idealnya mencangkok handguard dengan tulang almu.

Handguard jenis ini cukup mumpuni, secara kontruksi ditekankan untuk melindungi tuas rem-kopling dan tentunya tangan pengendara. Juga kuat menyanggah beban, ketika motor jatuh. So, untuk prasarana touring juga lebih aman menjadi pelindung tangan. 

Pilihan lain ada jenis full polyurethane, Keluaran terbaru from Acerbis, berani menyajikan dari bahan full plastik semi polyurethan, dengan kontur lebih kaku tapi fleksibel. Dalam pemasangannya lebih praktis, sebab hanya membutuhkan satu dudukan di ujung stang kemudi. Meski demikian, hand guard jenis ini kontruksi nya didesain kuat menahan beban. Sebab bagian rawan sisi dalamnya turut dilengkapi tulang plastic polyurethan. 

INOVASI PENERANGAN LAMPU DEPAN GAYA TOURING

Head lamp bebek & matik buat sport
Dapat menerapkan head lamp Scoopy, Fino, New Supra X 125, CS-1 dengan pertimbangan desain head lamp yang memiliki konsep stylish dan modis. Sehingga, dipastikan konsumtif buat sport naked macam CB 150R atau New Vixion.

Tapi, aturannya untuk menyambung desain head lamp ke tangki agar tak putus, kemas dengan tambahan pemakaian casing fiber. Itu juga tergantung dengan arahan modif yang diaplikasi. Untuk kontruksi pangkonnya manfaatkan plat strip dan kaitkan ke segitiga atas bawah.    

Atau alternatif lain, tetap aplikasi head lamp Scoopy atau Fino tapi tak perlu dikemas dengan casing fiber. Sebagai penggantinya, tambahkan akseso pelindung head lamp Yamaha X-Ride, yakni berupa pipa tubular. Untuk pemasangannya, tambahkan pangkon dan pasang di segitiga atas bawah. Dengan asumsi, lingkar tubularnya seting persis di bidang head lamp.  

Konsep lain, juga bisa memakai cover head supermoto atau jenis enduro. Untuk pemasangan, tinggal menyusun kabel kelistrikan. Selain itu, tambahkan juga pangkon dari plat strip dan kaitkan ke segitiga atas bawah sebagai dudukannya.

ALTERNATIF MODIFIKASI KAKI-KAKI MASIH STANDAR

Tampil elegan
Identik dengan velg jenis jeruji tapak lebar. Konsep demikian ini juga dapat menjadi alternatif modifikasi CB 150R dan New Vixion. Untuk mencangkoknya, cukup siasati dengan pemakaian tromol replika special engine, dengan lubang jeruji 36 pada umumnya.

Tapi, permasalahan ada di pemakaian bearing belakangnya 6303 untuk sisi kanan kiri. Maka, saat pemakaian cukup sok lubang bearing sesuai dengan diameter luar as roda. Atau, untuk jangka panjang dan mempermudah maintenance, lebih baik sok bushing dudukan bearing dan ganti dengan bearing milik CB 150R dan New Vixion. 

Kalau bearing tromol depan 6302 di sisi kanan kirinya, sama halnya yang dipakai tromol RX-100. Jadi, masih ada persamaan dengan bearing yang diaplikasi CB 150R atau New Vixion.

Knalpot free flow
Musimnya knalpot dengan mufler berdesain trioval, maka ada baiknya knalpot orsi diganti knalpot jenis ini. Dapat dipesan ke bengkel pembuat knalpot, berikut dengan lehernya. Untuk suara knalpotnya, juga dapat disesuaikan sesuai maksud. Misalkan kepingin suara keras, untuk lubang sarangan aplikasi setengah dari panjang sarangan. Sebaliknya, kalau ingin suara lembut, bikin penuh lubangnya sepanjang pipa sarangan.

Stang kemudi model patah
Stang kemudi dengan ciri khas lebih merunduk ini lebih konsumtif buat New Vixion. Tapi, ingat pilih stang kemudi model patah yang sesuai dengan diameter luar inner tube New Vixion. Dan untuk pemasangan stang kemudi jenis ini, posisi segitiga mesti diturunkan lebih dulu untuk memberi ruang adaptor stang kemudi.  

ROMBAKAN BODI

New Vixion :  Awas jangan terjebak
Akan lebih tepat merombaknya menjadi motor beraliran street fighter. Jadi, awas jangan sampai terjebak, sebab desain bodi New Vixion terkonsep dari depan belakang. Peluang modifnya, cuman bisa dilakukan pada penambahan cover single seater. Alternatif lain, dapat mengaplikasi desain jok model tumpuk, seperti KRR 150.

Agar kesan street fighternya makin kental, maka spatbor depan ganti model jambang milik Ninja 250 cc atau yang biasa dipakai moge. Tapi kalau mau total, dapat mengkanibal bodi set Yamaha R6, yang terbagi dari fairing, kondom tangki dan buritan komplit dengan joknya.

CB 150R : Buritan perlu dikreativi
Dimensi bodi lebih padat dan kekar, cuman bagian depan yang tampil atraktif. Dengan adanya wide shroud, dengan tubular frame yang berfungsi sebagai engine mounting, maka lebih tepat kalau jarahan modif dilakukan di sektor buritan.

Dengan merubah bodi buritan lebih tipis dan ramping tentu bisa menjadi alternatif modif. Dalam konteks ini, pemakaian single seater juga diklaim lebih konsumtif. Berikut dengan penggantian spatbor belakang mini, yang biasa dipakai Ninja 250.

Untuk spatbor depan dapat mencangkok spatbor CBR 250, dengan asumsi tapak roda depan belakang, wajib diganti profil lebar lebih dulu. 



HARGA PART MODIF
Lengan ayun belakang FD    : Rp. 1,2 Juta
Lengan ayun Variasi New Vixion        : Rp. 2,5 Juta
Lengan ayun Scot     : Rp. 550 ribu
Tromol VND untuk CB 150 R    : Rp. 600 Ribu               
Velg Variasi Vixion    : Rp. 2 Juta
Tromol replika special engine    : Rp. 1,6 juta
Velg lubang jeruji 36 lubang     : Rp. 800 ribu - 1,5 juta
Velg lubang jeruji 28 lubang     : Rp. 800 ribu - 1 juta
Caliper depan    KTC    : Rp. 900 Ribu - 2,3 juta
Caliper belakang Ride it        : Rp. 200 Ribu
Sayap ABS CB 150 R    : Rp. 400 Ribu
Bodi set Yamaha R6    : Rp. 2,5 juta - 3,7 juta
Single seater custom & buritan        : Rp. 750 ribu 
Sayap samping variasi Vixion    : Rp. 400 Ribu
Foot step    : Rp. 250 ribu - 1,5 juta
Stang Variasi milik Yamaha Vixion    : Rp. 325 Ribu
Tuas rem KTC @    : Rp. 700 ribu
Hand guard    : Rp. 230 Ribu - 700 ribu
Spakbor depan Kawasaki Ninja 4 Tak New    : Rp. 100 ribu
Cutting stiker        : Rp. 350 Ribu
Stang kemudi special engine    : Rp. 350 ribu - 750 ribu
CS-1     : Rp. 160 ribu
New Supra-X 125     : Rp. 70 ribu
Cover head Supermoto & enduro     : Rp. 200 ribu


KETERANGAN
harga sok depan model up side down sesuai dengan ukuran
Panjang 81 cm, diameter tabung atas 47 mm, tanpa stelan    : Rp. 1,9 juta
Panjang 87 cm, diameter tabung atas 48 mm, pakai stelan     : Rp. 2,2 juta
Panjang 85 cm, diameter tabung atas 46 mm, pakai stelan    : Rp. 2,5 juta (coklat, hitam, gold)

Artikel Terkait !
MEMILIH TANGKI SPORT DAN RETRO CUSTOM
Tema modifikasi sport nuansa retro macam minor fighter, cafe racer dan CB Monster lagi bejibun. Anta
MENGENALI DAN MERAWAT GIR DAN RANTAI
Gir dan rantai mempunyai peran yang cukup vital buat dukung kinerja motor. Terlebih lagi, piranti in
MASALAH & SOLUSI UPGRADE TAPAK & KAKI MATIK
Kaki berikut tapakya mutlak diupgrade ketika modifikasi matik. Modif instant demikian ini tak hanya
PERAWATAN & PEMILIHAN BAN TUBELESS
Dunia modifikasi makin berkembang pesat, seiring dengan perkembangan motor sport di tanah air yang m
KENALI PROBLEM PENGEREMAN, BIAR NGGAK PUSING
Apa saja sih problem cakram dan komponen penunjangnya yang sulit untuk dibenahi ? Apa dari perilaku

Comments  

 
+1 #2 Modifikasi Motor 2014-05-22 17:04
Gan, kalau ada pic-nya pasti lebih oke nih penjelasannya.
Quote
 
 
+1 #1 triadia 2014-04-07 01:48
mohon diberi konsep gambarnya, biar lebih jelas
Quote
 

Add comment

BICARALAH! sebelum bicara itu dilarang.
TERIMAKASIH bila komentar-pertanyaan disampaikan secara BAIK dan TEPAT.


Security code
Refresh