Friday, Aug 22nd

Last update:01:46:26 AM GMT

You are here: OTOTEKNIK TIPS PROBLEM & SOLUSI MEMASANG KOPLING MANUAL

iklan ototrend edisi

PROBLEM & SOLUSI MEMASANG KOPLING MANUAL

User Rating: / 39
PoorBest 
PROBLEM & SOLUSI MEMASANG KOPLING MANUAL

Tak hanya di komunitas balap yang wajib memakai kopling manual. Tapi konsumen pengguna motor harian di segmen remaja juga, lebih demen memakai motor yang berkopling manual. Lantaran performa mesin saat berakselerasi lebih responsif.

Fenomena itu juga dampak ATPM yang meluncurkan motor bebek jantan dengan kopling manual macam Shogun 125 SP dan Yamaha MX 135 LC. Langkah praktis, bisa merombak calter orsi yang masih pakai sentrifugal menjadi manual di bengkel las diral.

Dalam keperluan memasang perangkat kopling, yang tersedia di bengkel variasi dan speed shop. Ongkos pasang tanpa bahan cuman Rp. 80 ribu. Tapi, faktanya yang memilih cara ini banyak menemui kendala setelah pemakaian, seperti keluhan yang datang ke SMS otoklinik yang masuk ke redaksi ototrend. Apa saja problemnya ?.

PORI PADA HASIL PENGELASAN
Kadang hasil las diral masih menimbulkan pori-pori, itu efek umpan diral sekitar kurang panas. Sehingga diral tak bisa saling rapat menyambung. Saat mesin hidup dan terjadi tekanan dari dalam, oli mesin merembes keluar.
Solusinya, proses pengelasan mestinya dilakukan luar dalam. “Khusus nya bagian pinion pengungkit,” urai Samsul Akhmadi pebengkel bubut di Jl. Prapen Panjangjiwo 5, Surabaya.

OLI MESIN NAIK DARI TUAS KOLING
Bukan dari hasil las-lasan saja yang menyebabkan kebocoran oli mesin. Dari celah pinion pengungkit yang diputar lengan kopling, kadang menjadi pemicu keluarnya oli mesin, lantaran salah kontruksi.
Sebab, desain kalter kopling manual yang orsi, sil hanya dijadikan pelindung debu. Sedang oli mesin ditahan oleh bushing dudukan pinion pengungkit yang dirancang presisi.
Solusinya, saat membuat kopling manual, lengkapi dengan bushing pinion pengungkit yang presisi. Berikut dengan sil kedap penahan masuk nya air, debu dan kuat menahan tekanan oli mesin dari dalam.

SETING RUMAH PIN PENEKAN
Ini bagian paling vital. Misalkan rumah pin penekan tak center dengan bearing kopling house, saat tuas kopling dipencet kampas dan plat kopling tak mau bebas. Ini sama halnya dengan mempercepat umur pemakaian kampas kopling, sebab mudah terbakar.
Solusinya, saat memasang dan mengelas rumah pin penekan, pastikan rumah pin penekan menapak siku di dinding calter.  | pid

 

Artikel Terkait !
TRIK MURMER MERAWAT KOMSTIR ATHLETE
Kini ada trik baru lagi, saat mengatasi bearing komstir kocak yang berujung mengganggu kestabilan be
MENDEMPUL TANPA RETAK ANTI KELUPAS
Proses pendempulan sangat menentukan finishing penampilan bodi yang dicat. Sebab tak jarang ditemui
MEMAKSIMALKAN REM TROMOL DI MOTOR BEBEK
Motor jenis bebek belakangan ini, para pemiliknya rata-rata telah mendongkrak kapasitas mesinnya. Me
CARA HEMAT DAN CANTIK MERAPIKAN KABEL
Wajib dan harus diaplikasi nih, oleh penganut tema street racing atau racing style, yang kebetulan d
NGETRIK AIRBRUSH DENGAN MOTIF CELANA JEANS
Di kalangan pecinta aliran funky, banyak alternatif untuk tampil total, mulai dari memunculkan inova

Comments  

 
0 #6 ikem 2014-08-11 10:42
gan mo tanya klo kopling manual supra terkadang sering nyangkut alias det ndetan gimana caranya tanks
Quote
 
 
+1 #5 penceng 2014-03-06 12:16
Mau tanya ni gan, saya habis pasang kopling di jupiter z1,kendalanya pas di pake jalan, terus di kopling, rantainya bunyi teruuss, itu kenapa yaa, mohon jawabannya
Quote
 
 
-2 #4 imam 2013-10-30 02:46
assalamuallaiku m,,maaf gan ane mo tnya n mohon solusi'a,,,bgini mtor ane smash cw 2007 n dah ane kopling manualin bbrapa wktu yg lalu ane ganti kanvas kopling n skrang malah ngayun n lari'a malah ngdrop,,kira2 pa masalah'a n tlong dong ksih solusi'a gan,,,haturnuhu n pisan ats solusi n masukan'a...
Quote
 
 
0 #3 gen-gen 2013-06-23 16:02
saya punya masalah dengan mesin motor vega r new , mesinya sudah pakai kopling manual, nah masalah nya dalam mesin suka terdengar suara gemuruh di bagian kopling nya,, dan ketika motor di gas ful suaranya kaya yg mau mati tetapi pada saat jalan kopling nya harus di pijatbaruu jalan nya mulus ,suaranya ga patah2 , bagaimana solusinya ??????
Quote
 
 
0 #2 agus 2012-12-04 23:23
tolong info kan ya mas bro.....
Quote
 
 
+2 #1 agus 2012-12-04 23:22
mas....mau nanya nih....klu satria s yg non kopling tangan.....
bisa ngk ya d pasang kpoling tangan..dr mana bagus nya kita buat...trim's......
agus...dr..tanjung pinang kepri batam
Quote
 

Add comment

BICARALAH! sebelum bicara itu dilarang.
TERIMAKASIH bila komentar-pertanyaan disampaikan secara BAIK dan TEPAT.


Security code
Refresh